Ganjar Serap Aspirasi PGI soal Pembangunan Daerah 3T

Senin, 22 Januari 2024 - 12:34 WIB
loading...
Ganjar Serap Aspirasi PGI soal Pembangunan Daerah 3T
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyerap aspirasi pengurus Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) di Graha Oikoumene PGI, Jalan Salemba Raya, Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024). Foto/TPN Ganjar-Mahfud
A A A
JAKARTA - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo sarapan bersama pengurus Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) di Graha Oikoumene PGI, Jalan Salemba Raya, Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024). Ganjar menemui para pengurus PGI sembari menyerap aspirasi-aspirasi yang utamanya menyoroti daerah-daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengatakan para pengurus PGI ini memberikan masukan agar pembangunan di dalam daerah 3T, seperti pendidikan dan lingkungan hidup, dapat dioptimalkan. Mereka, lanjut Ganjar, ingin pemerintah ke depannya memerlukan konsistensi serta komitmen dengan masyarakat untuk memperluas kesempatan daerah 3T agar mampu bangkit dan berkembang.

"Tadi ada beberapa pertanyaan-pertanyaan dari warga terkait dengan kondisi daerah masing-masing ya, dan mereka semua ternyata sangat peduli pada lingkungan daerahnya, pada kondisi daerahnya dan ada harapan harapan perbaikan pulau terluar, terpencil, akses pendidikan ya," jelas Ganjar.

Ganjar Serap Aspirasi PGI soal Pembangunan Daerah 3T






Suami dari Siti Atikoh Supriyanti itu mengatakan secara lugas akan menunjukkan komitmen tetap memprioritaskan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) baik dalam sektor kesehatan, pendidikan, hingga akses telekomunikasi. “Kami mengajak agar masyarakat untuk tidak segan memberikan masukan kepada pemerintah untuk kemudian berkolaborasi dalam rangka pembangunan berkelanjutan di wilayah 3T," kata Ganjar.

Dia pun mencontohkan permasalahan di Papua, yang sampai saat ini belum kunjung usai. Bagi Politisi PDI Perjuangan tersebut, pembangunan daerah 3T semisal di Papua perlu melibatkan konsensus dengan masyarakatnya agar kolaborasi kerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan menjadi sesuai kebutuhan.

"Ada dari Papua tadi menanyakan "Pak Ganjar konsep Papua Damai kok enggak jalan-jalan? Apa yang bisa kita lakukan?" Boleh enggak representasi dari mereka ketemu saya, mari kita desain bersama-sama tapi kita harus membangun konsensus agar kita bisa bersepakat. Ini contoh-contoh saja," tegas Ganjar.

Diketahui, Ganjar menikmati sarapan bersama pengurus PGI pada pagi tadi. Kedatangan Ganjar disambut hangat oleh para pengurus nasional maupun wilayah PGI. Ganjar menyebut pertemuan ini sebagai bentuk refleksi toleransi antar umat beragama.

"Ya sebenarnya kami mau silaturahmi sudah lama sekali, tapi beberapa kali dan beberapa event kami sering bertemu maka secara formal baru bisa dilaksanakan hari ini tadi saya hadir sarapan pagi ngobrol dan masih ada waktu dialog kita bicara soal kebangsaan," tutur Ganjar.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)