Tunaikan Janji, Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Pendiri Persaudaraan Setia Hati 1903

Kamis, 18 Januari 2024 - 22:29 WIB
loading...
Tunaikan Janji, Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Pendiri Persaudaraan Setia Hati 1903
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Ki Ngabehi Surodiwiryo yang berada di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024). FOTO/TPN GANJAR-MAHFUD
A A A
MADIUN - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Ki Ngabehi Surodiwiryo yang berada di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024).

Ki Ngabehi atau juga dikenal sebagai Eyang Suro adalah pendiri aliran pencak silat Setia Hati atau lebih dikenal Persaudaraan Setia Hati 1903 yang meninggal dunia pada 10 November 1944 silam.

Eyang Suro mendirikan perguruan silat itu dengan tujuan agar warga atau anggotanya mempunyai rasa persaudaraan dan kepribadian yang kuat. Sebab, saat itu Indonesia sedang dijajah Belanda.



Ganjar berharap, Persaudaraan Setia Hati 1903 yang kini menjadi salah satu organisasi besar bisa memberikan dampak positif dan bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Beliau pendiri asli Persaudaraan Setia Hati 1903, sekarang menjadi tambah besar, organisasinya diperhitungkan dan mudah-mudahan menjadi manfaat untuk banyak masyarakat," ujar Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengatakan, ziarah yang dilakukan lantaran keluarga dari Eyang Suro pernah melakukan silaturahmi di Semarang. Waktu itu Ganjar berjanji bakal ziarah ke Makam Eyang Suro jika berkunjung ke Madiun.

"Dulu keluarganya pernah main ke rumah di Semarang, mereka juga menyampaikan nanti (kalau ke Madiun) mampir," kata Ganjar.



Caption: Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Ki Ngabehi Surodiwiryo yang berada di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0699 seconds (0.1#10.140)