Airlangga Ungkap Indonesia secara Aktif Melakukan Diplomasi

Selasa, 16 Januari 2024 - 08:23 WIB
loading...
Airlangga Ungkap Indonesia secara Aktif Melakukan Diplomasi
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa Indonesia secara aktif melakukan diplomasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa Indonesia secara aktif melakukan diplomasi. Hal tersebut disampaikannya saat Perayaan Natal dan Tahun Baru Bersama Partai Golkar di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (14/1/2024).

“Kita aktif memimpin diplomasi, demikian pula dalam (KTT) G20,” kata Airlangga yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Dia menuturkan, Indonesia merupakan salah satu yang berhasil menyelenggarakan G20 dan dihadiri oleh pemimpin-pemimpin dunia serta diakui mengeluarkan deklarasi yang diterima semua pihak. “Itu tidak lain dan tidak bukan karena diplomasi daripada Indonesia,” tuturnya.



Dalam kesempatan itu, dia membeberkan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia pun tak terlepas dari penyelenggaraan pertemuan Sherpa G20. “Sherpa G-20 adalah kantor menko, saya ngomong kantornya, bukan sayanya. Nah itu terjemahan masing-masing. Kemudian kita juga dalam ASEAN,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dunia saat ini masih dilanda ketidakpastian geopolitik akibat perang antara Rusia Vs Ukrainia dan perang Israel Vs Hamas yang berkembang ke Libanon. Kemudian, Amerika Serikat-Inggris mulai menyerang di laut di dekat Yaman terkait dengan gangguan-gangguan terhadap logistik.

Kendati demikian, Airlangga mengatakan bahwa Indonesia saat ini dalam situasi aman dan damai. Bahkan, dalam situasi ketidakpastian, KTT G20 berhasil diselenggarakan oleh Indonesia.

“Indonesia menjadi tokoh, bapak presiden yang pergi ke Ukrainia dan ke Moskow dalam waktu satu minggu dan itu membuka perundingan antara Ukrainia-Rusia dengan PBB dan Turki yang membuka gandum bisa keluar dari Ukrainia,” imbuhnya.

Maka itu, dia meminta dukungan kader Golkar dan masyarakat NTT untuk mendukung program pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Terlebih, pembangunan di Labuan Bajo yang begitu diperhatikan pemerintah hingga penyelenggaraan KTT ASEAN.

Dia melanjutkan, dengan KTT ASEAN, seluruh anggaran pemerintah digelontorkan agar Labuan Bajo bisa menjadi tempat summit internasional setara dengan Bali, setara dengan kota-kota lain di dunia.

“Pemimpin dunia datang ke Labuan Bajo, kita lihat sekarang fasilitasnya dan kita rasakan. Oleh karena itu saya minta kepada seluruh masyarakat Labuan Bajo, masyarakat NTT untuk dukung terus program Bapak Joko Widodo dan penerus program Bapak Joko Widodo adalah partai kita, Partai Golkar,” ucapnya.

Golkar, kata Airlangga, adalah partai yang terdepan yang secara konsisten mengawal Jokowi dalam pilpres periode pertama dan kedua. “Sampai hari ini, saat kita jelas arah beliau ke mana, maka di situlah Partai Golkar berada,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)