Ganjar Ingin Isu Wadas dan Pabrik Semen Rembang Dibahas dalam Debat Pilpres 2024

Minggu, 14 Januari 2024 - 20:31 WIB
loading...
Ganjar Ingin Isu Wadas dan Pabrik Semen Rembang Dibahas dalam Debat Pilpres 2024
Capres Ganjar Pranowo memberikan keterangan kepada media usai menghadiri diskusi bersama Generasi Perintis yang digelar di Post Bloc, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024). FOTO/MPI/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo memandang isu bendungan di Wadas dan proyek pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah, bisa diangkat dalam debat keempat Pilpres 2024. Debat antaracalon wakil presiden (cawapres) yang akan digelar pada 21 Januari 2024 itu mengangkat tema
Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo saat menjawab pertanyaan awak media saat disinggung apakah sudah mengantisipasi atau mewaspadai pertanyaan tentang Wadas dan pabrik semen Rembang yang mungkin dilayangkan paslon lain dalam debat.

"Sebaiknya dibahas (dalam debat keempat nanti)," kata Ganjar usai menghadiri diskusi bersama Generasi Perintis yang digelar di Post Bloc, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024).



Ganjar mengakui, dua proyek pembangunan itu kerap kali digunakan berbagai pihak untuk mengkritik kinerjanya selama menjadi Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023. Karena itu, ia berharap debat keempat nanti bisa dijadikan ajang klarifikasi.

Ia menjelaskan, bendungan Wadas dan pabrik semen Rembang yang kerap dikritisi itu merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebagai gubernur yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Ganjar mengaku harus menyelesaikannya sebagai tanggung jawab. Ganjar mengaku bersyukur karena dua proyek pembangunan itu tetap selesai meski kerap mendapat penolakan hingga kritik.

Di sisi lain, Ganjar merasa ada keputusannya yang pro terhadap lingkungan tapi kerap tidak terekspose oleh banyak media. Kala itu sempat menolak izin pembangunan pabrik semen di Kebumen dan tambang emas di Wonogiri yang bukan merupakan PSN.



"(Ditolak) karena tidak memenuhi syarat lingkungan," ujarnya menegaskan.

Untuk diketahui, debat keempat Pilpres 2024 yang mempertemukan cawapres akan digelar pada 21 Januari 2024. Tema yang akan diangkat dalam debat adalah Pembangunan Keberlanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)