Golkar Serahkan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana Alam di NTT

Jum'at, 12 Januari 2024 - 21:31 WIB
loading...
Golkar Serahkan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana Alam di NTT
Partai Golkar menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang menjadi korban bencana angin puting beliung dan erupsi Gunung Lewotobi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (12/1/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Partai Golkar menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang menjadi korban bencana angin puting beliung dan erupsi Gunung Lewotobi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (12/1/2024). Adapun penyerahan bantuan tersebut dilakukan serentak di Kabupaten Manggarai dan Flores Timur.

Ketua DPD II Golkar Kabupaten Manggarai Yoakhim Jehati menjelaskan, pihaknya menyalurkan bantuan berupa sembako kepada 50 kepala keluarga (KK) yang rumahnya rusak diterjang angin puting beliung beberapa waktu lalu. Bantuan sembako difokuskan di Kelurahan Bangka Leda dan Golo Dukai.

"Saya menyampaikan rasa empati mendalam atas musibah yang terjadi beberapa hari lalu, dan memberikan dukungan moril agar mereka tetap kuat dan tabah menghadapi musibah ini,” kata Yoakhim usai menyerahkan bantuan di Kelurahan Bangka Leda dan Golo Dukal, Kabupaten Manggarai.



Dia mengaku, bantuan ini bersifat darurat sehingga Partai Golkar siap untuk menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia yang ingin membantu korban bencana di NTT. Dia menuturkan, kebutuhan paling mendesak para korban adalah makanan.

Selain itu, korban yang rumahnya rusak akibat angin kencang juga membutuhkan bantuan renovasi. Selain di Kabupaten Manggarai, penyerahan bantuan oleh perwakilan pengurus DPD II Partai Golkar juga dilakukan di Kabupaten Flores Timur.

Bantuan sembako juga diberikan kepada 931 orang pengungsi akibat erupsi Gunung Lewotobi. “Kegiatan sosial ini kami lakukan juga dalam rangka rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru Nasional Bersama Partai Golkar di Labuan Bajo pada Minggu (14/1/2024) lusa,” ujar Yoakhim.

Rencananya, puncak perayaan Natal dan Tahun Baru bersama Partai Golkar akan dihadiri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Salah satu warga Kelurahan Golo Dukal berharap bantuan seperti yang diberikan Partai Golkar tetap mengalir bagi warga korban angin puting beliung.

“Saya sebagai ketua warga dan juga ketua RT mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada pemerintah dan Partai Golkar baik pusat maupun daerah yang pada siang hari ini memberikan bantuan untuk kami sekalian," kata salah satu ketua RT di Kelurahan Golo Dukal.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Flores Timur resmi memperpanjang masa tanggap darurat bencana erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki hingga 24 Januari 2024. Sebanyak tujuh desa di dua kecamatan menjadi daerah terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki. Melalui status tanggap darurat bencana, penanganan erupsi dilakukan secara bersama baik pemerintah pusat, daerah, hingga lembaga nonpemerintah.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)