Data Kemhan Tak Boleh Diungkap, Mahfud: Saya Mantan Menhan, Mana yang Rahasia?

Selasa, 09 Januari 2024 - 15:21 WIB
loading...
Data Kemhan Tak Boleh Diungkap, Mahfud: Saya Mantan Menhan, Mana yang Rahasia?
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menyebut data anggaran pertahanan bukan bersifat rahasia. Foto/MPI
A A A
CILACAP - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menanggapi pernyataan capres nomor urut 2 yang menyebut data Kementerian Pertahanan ( Kemhan) bersifat rahasia.

"Kalau saya sih enggak. Misalnya rahasia negara, apa rahasia negara yang harus dibongkar. Ndak ada kan rahasia negara yang dirahasiakan. Kalau rahasia negara itu misalnya intelijen, strategi penyerangan,"kata Mahfud di Istana Negara, Selasa (9/1/2024).

Mahfud mengatakan data anggaran pertahanan bukanlah data rahasia. Sebab anggaran seyogianya dibuka agar transparan. "Kalau bicara soal anggaran, kalau anggarannya segitu, kan itu bukan rahasia. Ndak ada, Ndak ada dari yang kemarin yang harus dirahasiakan pertanyaannya itu kalau saya ya," ucapnya.



Mahfud mengaku, sebagai mantan Menhan mengerti akan kerahasiaan pertahanan. Misalnya seperti strategi pertahanan yang dimiliki Indonesia.

"Kan saya mantan Menhan juga. Mana yang rahasia ? Saya tahu mana UU yang (soal) rahasia (data negara) Ndak ada dari pertanyaan itu yang harus mengungkap rahasia negara. Itu bisa dibuka di publik karena bukan soal strategi pertahanan. Itu kan soal alutsista. Engga bisa dibicarakan di ruang tertutup kalau di ruang tertutup namanya rembukan, bukan debat," tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)