Direktur Muda TPN Ungkap 3 Upaya Ganjar-Mahfud Atasi Masalah Papua

Senin, 08 Januari 2024 - 20:21 WIB
loading...
Direktur Muda TPN Ungkap 3 Upaya Ganjar-Mahfud Atasi Masalah Papua
TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengungkapkan 3 upaya pasangan nomor urut tiga mengatasi permasalahan keamanan di Papua akibat keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Foto: Dok MPI
A A A
DEPOK - Direktur Muda Pangkalan Data Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD , Christian Guntur Lebang mengungkapkan 3 upaya pasangan nomor urut tiga mengatasi permasalahan keamanan di Papua akibat keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal itu disampaikan usai menghadiri acara 'Youth Talk! The Future of Indonesian Foreign Policy' dengan tema Pertahanan, Ketahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Luar Negeri di Auditorium Mochtar Riyadi FISIP UI, Depok, Senin (8/1/2024).



"Kalau kita mau membahas isu Papua yang harus dicari adalah rute problemnya karena kami merasa ada cycle of violence (siklus ketegangan). Aparat masuk ada kekerasan terhadap satu kelompok. Anaknya balas dendam ke aparat dan selanjutnya jadi ada cycle of violence yang harus kita hentikan," ujar Guntur.

Menurut dia, Ganjar-Mahfud memiliki rancangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dengan memastikan dana Otonomi Khusus (Otsus) tidak jatuh ke tangan KKB. "Karena sering laporannya dana Otsus direbut KKB dari kelompok desa," ucapnya.

Guntur juga membeberkan akan ada operasi kontra jejaring yang dilakukan untuk memutus KKB agar tidak berkembang.

"Kita perlu operasi kontra jejaring agak konfedensial karena di Lemhannas kita tidak bisa lagi membiarkan jejaring kelompok ini terus berkembang. Setiap tahun kalau membaca berita kelompok ini melakukan ini, kita tahu siapa pelakunya, kenapa kita tak bisa hentikan? Artinya network mereka kuat, caranya dengan operasi kontra jejaring," kata Guntur.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)