Ganjar Akan Bahas Sistem Pertahanan Kekinian di Debat Capres

Jum'at, 05 Januari 2024 - 07:02 WIB
loading...
Ganjar Akan Bahas Sistem Pertahanan Kekinian di Debat Capres
Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud DKI Jakarta menggelar nonton bareng (nobar) debat capres 2024 perdana di Sekretariat Jalan Hang Lekir XII Nomor 3, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2023). FOTO/SINDOnews/ISRA TRIANSYAH
A A A
JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyebut calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo bakal membahas sejumlah isu dalam debat Pilpres 2024 ketiga pada Minggu (7/1/2024) lusa. Salah satunya mengenai sistem pertahanan kekinian.

Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim memastikan Ganjar mendalami seluruh tema debat yang meliputi isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. Hanya saja, sambungnya, Ganjar akan menyinggung sistem pertahanan kekinian.

"Pendalaman ke semua topik debat. Nggak ada yang dikhususkan. Namun mungkin lebih membahas soal sistem pertahanan yang kekinian, kaitannya dengan cyber," kata Chico saat dihubungi, Kamis (4/1/2024).



Terkait isu geopolitik, Chico menilai Ganjar turut akan membahas hubungan negara besar dunia seperti China, AS, Rusia. Ganjar juga akan membahas dampak situasi Gaza bagi Indonesia.

"Untuk geopolitik dan hubungan internasional mungkin soal hubungan China, AS, dan Rusia yang sedang menegang, begitu juga situasi di Gaza dan dampaknya terhadap Indonesia, serta peran apa yang harus diambil Indonesia," kata Chico.

Di sisi lain, Chico berkata, Ganjar juga akan membahas kesejahteraan para prajurit. "Kesejahteraan prajurit pastinya adalah salah satu yang utama ketika kita bicara soal Hankam," kata Chico.

Dalam menghadapi debat, Ganjar tak terlalu mempersiapkan diri secara khusus. Pasalnya, kegiatan kampanye capres nomor urut 3 itu sangat padat untuk blusukan dan menyapa warga.



Kendati demikian, Ganjar tetap diberi masukan oleh TPN Ganjar-Mahfud. "Ada juga Andy Wijayanto, eks Gub Lemhanas. Di TPN ada Jenderal Andika Perkasa dan yang lainnya. Sosok-sosok yang pastinya sangat menguasai topik di bidang Pertahanan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)