Survei: Jika Pilpres Dua Putaran, Ganjar-Mahfud Unggul Head to Head Lawan Prabowo-Gibran

Kamis, 04 Januari 2024 - 16:07 WIB
loading...
Survei: Jika Pilpres Dua Putaran, Ganjar-Mahfud Unggul Head to Head Lawan Prabowo-Gibran
Hasil survei Data Insight menyebut jika pilpres berlangsung dua putaran Capres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan menang jika head to head dengan Prabowo-Gibran. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan menang jika head to head dengan pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran. Hal ini menjadi temuan dalam survei yang dilakukan oleh Indonesia Data Insight pada Desember 2023.

Direktur Eksekutif Indonesia Data Insight, John Muhammad menyampaikan, hal ini merujuk pada metode simulasi head to head yang dilakukannya. Sebab, dari data yang menjadi temuannya, kontestasi Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.

Indonesia Data Insight, kata dia, mencoba menganalisa elektoral apabila pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud dan pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran yang diasumsikan melaju ke putaran kedua. "Ganjar-Mahfud lebih unggul atas Prabowo-Gibran," kata John dalam paparan hasil surveinya yang dilakukan di Hotel Amaris, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2024).



Dari data yang dipaparkan, elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh elektabilitas sebesar 48,5%. Sementara, Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas sebesar 41,4%. "Tidak tahu atau tidak jawab 10,1%," ujarnya.

Untuk diketahui, survei Indonesia Data Insight dilakukan pada 15-22 Desember 2023 di 416 Kabupaten dan 98 Kota. Adapun, jumlah responden yang dipilih sebanyak 1.200 orang yang dipilih menggunakan metode random purposive. Dengan metode ini, margin of error yang diterapkan sebesar 2,83%, pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)