Data Arus Survei Indonesia, Ganjar-Mahfud Capres Cawapres Favorit Gen Z

Rabu, 03 Januari 2024 - 14:38 WIB
loading...
Data Arus Survei Indonesia, Ganjar-Mahfud Capres Cawapres Favorit Gen Z
Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis survei nasional yang menempatkan Capres dan Cawapre Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menjadi pasangan favorit Gen Z. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis survei nasional yang menempatkan Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD , menjadi pasangan favorit Gen Z.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an mengatakan pihaknya telah melaksanakan survei yang dilaksanakan pada 16 sampai 21 Desember 2023 di 34 Provinsi di Indonesia.

Metodologi survei dilakukan secara nasional dengan target usia 17 sampai 23 tahun. Jumlah sampel 1.200 respon, margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Lembaga Arus Survei Indonesia yang kali ini agak berbeda dengan mengambil Gen Z. Ada alasan memotret secara khusus klaster ini," kata ALi saat menyampaikan hasil survei Pemilih Gen Z: Preferensi Sosial Politik pada Pemilu 2024, di Jakarta, Rabu (3/1/2024).



"Karena secara demografi, menurut data KPU itu sekitar 23 persen, itu sekitar 46 juta jiwa. Urutannya adalah secara geografi ini pemilih strategis. Maka kita perlu memotret secara khusus. Mereka jauh lebih otonom," tambahnya.

Ali pun mengungkapkan, terkait elektabilitas tiga pasangan Capres-Cawapres 2024, urutan pilihan Gen Z di mana Ganjar-Mahfud mendapatkan urutan pertama dengan 34,9 persen.

Kemudian, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 33,1 persen. Urutan terakhir yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 26,1 persen. Sementara undecided voters 5,9 persen.

"Jadi, ini adalah potret Gen Z mereka adalah pemilih kritis, pemilih yang lebih otonom. Rata-rata belum menikah, makanya pilihannya jauh lebih kritis," jelasnya.

Selain itu, Ali mengungkapkan, fakta bahwa Gen Z cenderung memilih Capres-Cawapres punya gagasan dan program kerjanya dengan angka 42,5 persen. Kemudian kepedulian terhadap rakyat sebanyak 27,5 persen.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)