Begini Detail Penggunaan Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan Indonesia

loading...
Begini Detail Penggunaan Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan Indonesia
Contoh penggunaan logo HUT Ke-75 Kemerdekaan RI pada poster. Foto/SE Mensesneg
A+ A-
JAKARTA - Tahun ini Indonesia genap berusia 75 tahun. Tema besar perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020 adalah Indonesia Maju. Hal itu dituangkan dalam Surat Edaran (SE) B-456/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 tentang Penyempurnaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020.

Indonesia maju merupakan representasi Pancasila yang memiliki bahwa kemerdekaan yang diraih sejak 17 Agustus 1945 adalah kesempatan untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan, serta berkarya tanpa batas. Lewat tema ini, masyarakat diajak agar fokus pada hal yang benar-benar penting untuk menghargai keberagaman dan berkolaborasi demi menunjukkan jati diri bangsa Indonesia.

(Baca: Sambut HUT RI ke-75, Pemuda di Gresik Gotong-Royong Percantik Lokasi Wisata)

Selain tema, SE Mensesneg juga menetapkan logo berupa angka 75 yang terinspirasi simbol perisai dalam lambang Garuda Pancasila berikut penggunaannya dalam berbagai media dari poster sampai billboard, mulai spanduk hingga sosial media lengkap dengan detail ukurannya.

SE tersebut juga memberikan tiga warna dasar pilihan penggunaan logo yaitu merah, putih, dan hitam. Logo harus mengacu pada logo grid yang telah ditentukan, dengan perhitungan dan pertimbangan, sehingga komposisinya proporsional.



(Baca: Cegah Kerumunan, Perlombaan saat Hari Kemerdekaan Dilakukan secara Online)

Logo tersebut juga menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Logo Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik bagi semua rakyat Indonesia.

Penyempurnaan dari logo HUT Kemerdekaan RI ke-75 tersebut adalah logo kalimat ”Bangga Buatan Indonesia”. Logo ini meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modren, dan terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan. Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia.
(muh)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top