Gempa Kembali Guncang Sumedang, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Aktif

Senin, 01 Januari 2024 - 21:46 WIB
loading...
Gempa Kembali Guncang Sumedang, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Aktif
BMKG mengungkap penyebab terjadinya guncangan gempa bumi M4,5 yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (1/1/2024) malam, karena aktivitas sesar aktif. FOTO/TWITTER BMKG
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab terjadinya guncangan gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 yang mengguncang Kabupaten Sumedang , Jawa Barat, Senin (1/1/2024) malam.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/1/2024) malam.

Daryono menyampaikan, berdasarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan laporan masyarakat, gempa dirasakan di Rancakalong, Jatinangor, Bandung dalam Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).



Berikutnya di Cirebon, Garut, dan Subang dalam Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga pukul 21:15 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 6 kali aktivitas gempabumi di Sumedang," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan guncangan gempa kembali terjadi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, malam hari ini. Gempa ini berkekuatan 4,5 magnitudo.

"#Gempa Mag:4,5, 1-Jan-2024 20:46:48 WIB (Pusat gempa berada di Darat 4km Utara Kab.Sumedang)," tulis BMKG di akun twitternya, Senin (1/1/2024).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)