Waspada, BMKG: Sejumlah Daerah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat pada Malam Tahun Baru

Minggu, 31 Desember 2023 - 00:05 WIB
loading...
Waspada, BMKG: Sejumlah Daerah Berpotensi Diguyur Hujan Lebat pada Malam Tahun Baru
BMKG menyebut sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada malam tahun baru. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada malam tahun baru, atau tepatnya Minggu, 31 Desember 2023.

BMKG mendata ada sejumlah daerah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sejak 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Oleh karenanya, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat di malam tahun baru.

"Kondisi yang perlu diwaspadai terutama ini perlu kami sampaikan saat ini, mengingat besok pada malam tahun baru ya, dan puncak pergerakan mobilitas masyarakat yang nampaknya berada di wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yaitu pada periode 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Sabtu (30/12/2023).



Adapun, sejumlah wilayah yang berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat pada malam tahun baru yakni, Aceh; Sumatra Utara; Sumatra Barat; Riau; Lampung; Bangka Belitung; Jambi; Sumatra Selatan; Banten; Jawa Barat; Jawa Tengah; Kalimantan Barat; Sulawesi Barat; Sulawesi Tengah; Papua Barat dan Papua.

Kemudian, untuk periode 3 hingga 6 Januari 2024 yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat adalah di wilayah Aceh; Sumatra Utara; Sumatra Barat; Riau; Lampung; Bangka Belitung; Jambi; Sumatra Selatan; Banten; serta DKI Jakarta.



"Ini terutama di bagian selatan yang berbatasan dengan Tangerang. Jadi bukan seluruh DKI Jakarta tetapi dekat di Jakarta terutama di bagian selatan," sambung Dwikorita.

Tak hanya itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada periode 3 sampai 6 Januari 2024 juga berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat; sebagian Jawa Tengah; serta Jawa Timur. Selanjutnya, Kalimantan Barat; Kalimantan Tengah; Kalimantan Utara; Sulawesi Barat; Sulawesi Tengah; Sulawesi Selatan; Maluku Utara; Maluku Papua Barat; dan Papua.

"Jadi kami mohon di wilayah-wilayah yang kami sebutkan tadi masyarakat diimbau untuk waspada dan terus memonitor perkembangan cuaca melalui berbagai kanal BMKG terutama melalui aplikasi mobile phone info BMKG," imbaunya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)