Sarankan Ibu Hamil Konsumsi Telur, Atikoh: Cegah Stunting, Asam Folatnya Tinggi

Rabu, 27 Desember 2023 - 15:40 WIB
loading...
Sarankan Ibu Hamil Konsumsi Telur, Atikoh: Cegah Stunting, Asam Folatnya Tinggi
Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti mengingatkan ibu-ibu hamil pentingnya mengonsumsi telur. Foto/MPI
A A A
YOGYAKARTA - Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti mengingatkan ibu-ibu hamil pentingnya mengonsumsi telur. Salah satu manfaat telur bagi ibu hamil bisa untuk mengurangi risiko stunting bagi anak.

"Telur itu juga asam folatnya tinggi sekali. Kalau untuk ibu hamil itu memang zat gizi yang sangat penting," kata Atikoh saat safari politik dan serap aspirasi bersama ibu-ibu di Dahar Gedhang Mas, Kelurahan Wirokerten, Bantul, Yogyakarta, Rabu (27/12/2023).

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak berupa tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya. Atikoh menyebutkan, pengentasan permasalahan stunting ini menjadi salah satu program besar pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud.



"Asam folat karena yang pertama itu kalau kita bicara pencegahan stunting yang paling efektif pencegahannya mulai bayi ada di kandungan, bukan setelah lahir. Jadi gizi ibu yang mengandung itu penting sekali. Ya itu salah satunya dari telur," katanya.

Atikoh melanjutkan, dalam putih dan kuning telur memiliki banyak manfaat untuk bayi. Pada putih telur, terdapat protein yang tinggi, sementara pada kuning telur terdapat kandungan asam folat yang tinggi.



"Telur itu putih telurnya proteinnya tinggi sekali, kalau kuning telurnya itu asam folatnya tinggi untuk membentuk syaraf otak dari si janin. Kemudian tulang belakang itu kan berpengaruh kepada nanti secara fisik ya. Jadi itu juga bisa mencegah ibunya preeconsia. Itu biasanya kalau kita hamil di usia kandungan yang agak tinggi atau bulan tua kadang tekanan darahnya naik," paparnya.

Seperti diketahui, Atikoh melaksanakan safari politik selama masa kampanye Pilpres 2024 pada 27-30 Desember 2023 dengan mendatangi beberapa kota serta kabupaten di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Atikoh kemudian melanjutkan kegiatan pada Rabu ini dengan mendatangi Kota Magelang menghadiri acara di sebuah desa wisata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)