Gibran Beberkan Sejumlah Langkah agar Indonesia Keluar dari Negara Middle Income

Jum'at, 22 Desember 2023 - 20:12 WIB
loading...
Gibran Beberkan Sejumlah Langkah agar Indonesia Keluar dari Negara Middle Income
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menekankan sejumlah langkah yang bisa membuat Indonesia keluar dari negara berpenghasilan rendah. FOTO/MPI/ARIF JULIANTO
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menekankan sejumlah langkah yang bisa membuat Indonesia keluar dari negara berpenghasilan rendah. Pertama, pihaknya akan melanjutkan program hilirisasi yang telah dilaksanakan pada pemerintahan saat ini.

Namun, kata Gibran, hilirasi ini tidak hanya pada sektor tambang saja melainkan juga di sektor pertanian, perikanan dan juga hilirasi di sektor digitalisasi. Selain itu, Gibran juga menekankan pentingnya pemerataan pembangunan dan juga menggenjot UMKM di Indonesia.

Pasalnya kata Gibran, Indonesia saat ini mempunyai 6 juta UMKM yang bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia.



"Jika itu semua bisa kita penuhi insyaAllah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan," kata Gibran dalam debat cawapres di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Selain itu, Gibran juga akan menekankan keberlanjutan pembangunan yang tidak hanya jawa sentris. Dalam hal ini ialah melanjutkan pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pasalnya, Gibran mengatakan dengan adanya pembangunan di luar Jawa ini akan memberikan pertumbuhan ekonomi baru dan juga menciptakan lapangan kerja.

"IKN ini bukan hanya membangun bangunan pemerintahan tapi juga sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia dan juga sebagai simbol transformasi pembangunan Indonesia," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)