Ganjar Siap Putihkan Kredit Macet Nelayan, Pengamat: Sangat Bisa Dilakukan

Jum'at, 22 Desember 2023 - 09:00 WIB
loading...
Ganjar Siap Putihkan Kredit Macet Nelayan, Pengamat: Sangat Bisa Dilakukan
Capres Ganjar Pranowo di hadapan para akademisi IPB dalam acara Food & Agriculture Summit III di IPB International Convention Center Bogor, Selasa (19/12/2023). Foto/MPI/Danandaya Arya Putra
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo akan memutihkan kredit macet nelayan di seluruh Indonesia jika terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2024. Penghapusan utang itu penting dilakukan agar nelayan sejahtera dan meningkatkan produkivitasnya.

Menurut Direktur Program INDEF, Esther Sri Astuti, pemutihan kredit macet para nelayan sangat mungkin bisa dilakukan. Langkah ini disebut bisa membantu nasib para nelayan.

"Sudah terjadi untuk KUR saat ini, dan itu mungkin saja," kata Esther dalam keterangannya dikutip, Jumat (22/12/2023).



Menurutnya, penghapusan kredit macet itu bisa membantu nasib para nelayan. Namun Esther tetap berharap ada langkah kongkret besar lainnya. "Pertama, bisa diberikan subsidi BBM untuk kapalnya agar bisa menangkap ikan," katanya Esther.

Kelangkaan BBM membuat nelayan tidak bisa melaut. Karena itu, sangat penting untuk memastikan agar suplai BBM bersubsidi ke nelayan tetap aman.

Langkah besar kedua terkait insentif dan akses ke modal. Nelayan bisa diberikan subsidi suku bunga untuk membuka usaha mengolah dan menjual produk laut. Selain itu juga diberikana kemudahan untuk mengakses modal.

Selanjutnya adalah meningkatkan kapasitas nelayan. "Memberikan bimbingan teknis pasca penangkapan ikan dengan teknologi sehingga ikan dan produk laut bisa dijual dengan harga lebih tinggi," kata Esther.

Tidak bisa dipungkiri saat ini masih banyak terjadi penangkapan ikan secara ilegal. Praktik ini harus ditumpas agar nelayan setempat sejahtera.

Esther menjelaskan, bingkai pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kelautan ada dalam model Ekonomi Biru, yaitu pemberdayaan sumber daya laut yang berkelanjutan. Tujuannya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, pelestarian ekosistem laut, menciptakan lapangan kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)