Ganjar Ziarah ke Makam Syekh Quro di Karawang, Pengurus Masjid: Beliau Orang Taat Beragama

Jum'at, 15 Desember 2023 - 16:26 WIB
loading...
Ganjar Ziarah ke Makam Syekh Quro di Karawang, Pengurus Masjid: Beliau Orang Taat Beragama
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke Makam Syekh Quro usai menjalankan salat Jumat di kompleks Masjid Agung Karawang, Jumat (15/12/2023). FOTO/MPI/IKHSAN PERMANA SP
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke Makam Syekh Quro usai menjalankan salat Jumat di kompleks Masjid Agung Karawang, Jumat (15/12/2023).

Pengurus Masjid Agung Syekh Quro Karawang, Ceceng Syarif Husain mengaku bangga bisa bersilaturahmi dengan Ganjar sekaligus berziarah ke makam leluhur.

"Kami bangga karena Pak Ganjar, salah satu capres bisa bersilaturahmi. Tadi salat Jumat berjamaah dan berziarah ke Makam Syekh Quro yang berada di kompleks masjid ini," katanya.



Menurutnya, kehadiran mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menunjukkan Ganjar adalah sosok yang taat agama dan menghormati ulama, terutama leluhur.

"Iya beliau orang yang taat agama. Dan beliau punya kepedulian terhadap para leluhur," ucapnya.

Sebagai informasi, berdasarkan catatan, Syekh Quro memiliki peran penting dalam sejarah penyebaran Islam di Karawang pada abad ke-14. Masyarakat Karawang meyakini pada abad ke-14 Syekh Quro datang bersama para santrinya, yakni Syekh Abdul Rohman, Syekh Maulana Madzkur, dan Nyai Subang Larang ke Pulau Jawa.

Mereka datang dengan menumpang kapal yang dipimpin Laksamana Cheng Ho yang sedang dalam perjalanan menuju Majapahit. Dalam pelayaran itu, armada Cheng Ho mendarat di Pura Karawang.



Syekh Quro beserta para santrinya pun turun di Karawang dan menetap di sana. Selama di Karawang, ia menyebarkan agama Islam dengan mendirikan Pondok Pesantren bernama Pondok Quro yang artinya tempat untuk belajar Al-Qur'an pada 1418 M. Syekh Quro dimakamkan di Kampung Pulo Bata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang, Karawang.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)