Megawati Ingin Wayang Diminati seperti Film di Bioskop

Minggu, 28 Januari 2018 - 14:22 WIB
Megawati Ingin Wayang Diminati seperti Film di Bioskop
Megawati Ingin Wayang Diminati seperti Film di Bioskop
A A A
JAKARTA - DPP PDIP menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam rangka HUT ke-45 PDIP sekaligus perayaan Ulang Tahun Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri ke-71 di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu 27 Januari 2018.

Dalam kesempatan itu, Megawati menyayangkan minimnya antusiasme generasi muda terhadap kesenian ini. Padahal, kisah atau cerita dalam wayang syarat dengan simbol dan pesan moral.

Maka itu, presiden kelima ini mendorong agar generasi muda atau kalangan milenial ini mau mengembangkan wayang dalam format teknologi digital.

"Sayangnya saya belum pernah lihat wayang dihadirkan di teknologi gadget seperti film. Kalau sudah ada tentunya mungkin bioskop sepi," kata Megawati dalam sambutannya.

Menurut Megawati, antusiasme generasi muda terhadap wayang diakuinya jauh berbeda ketika era Presiden Soekarno. Waktu itu disebutkannya penonton wayang sampai meluber dan bersandar ke pagar. Hal ini merupakan budaya yang harus dilestarikan.

Lebih lanjut, Megawati menilai, wayang tidak hanya dijadikan sebagai sarana hiburan dalam menyampaikan pesan moral, lebih dari itu, wayang terbukti pernah dijadikan sarana menyebar Islam di dataran Pulau Jawa.

"Sunan Kalijaga menggunakan wayang untuk memasukkan Islam kepulauan Jawa, bukti sejarahnya di Demak sampai tempat beliau dimakamkan di Kadilangu, Jawa tengah," ucapnya.

Sebagai bangsa yang berbudaya, Mega pun mengingatkan untuk terus mempertahankan keunikannya. "Kita lihat orang asing datang menonton karena di sana tidak ada, ingat jangan sampai lupa dengan budaya Indonesia yang indah ini," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4960 seconds (0.1#10.140)