Dua Pimpinan KPK Sangkal Pernyataan Firli soal Ancaman Kapolda Metro

Kamis, 14 Desember 2023 - 15:22 WIB
loading...
Dua Pimpinan KPK Sangkal Pernyataan Firli soal Ancaman Kapolda Metro
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Firli Bahuri mengklaim, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengancam pimpinan KPK, Kamis (14/12/2023). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Firli Bahuri mengklaim, bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengancam pimpinan KPK. Ancaman itu disebutkan untuk melindungi pengusaha M Suryo yang tersandung kasus dugaan suap proyek rel kereta di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub.

Merespons hal itu, Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango membantah hal tersebut. Ia menyebutkan bahwa Karyoto pernah mendatanginya setelah dilantik menjadi Kapolda Metro Jaya, namun tidak ada ancaman seperti yang disampaikan oleh Firli.

"Pak Karyoto pernah datang berkunjung ke ruang kerja saya saat beliau belum lama menjadi Kapolda Metro, tapi tidak ada pembicaraan sama sekali mengenai perkara DJKA ataupun orang bernama M Suryo," kata Nawawi kepada wartawan di Jakarta, dikutip Kamis (14/12/2023).



Nawawi menyebutkan, kedatangan Karyoto itu sekadar untuk bersilaturahmi. Ia pun mengaku bingung ihwal ancaman yang disampaikan kubu Firli.

"Pak Karyoto datang sekadar silaturahmi saja, bahkan sempat bertemu Pak Firli di ruang kerja saya di saat itu. Tidak tahu kuasa hukum pak Firli mendapatkan cerita dari mana soal ancaman dimaksud," ungkapnya.

Lebih jauh Nawawi juga mengatakan, sudah mengonfirmasi kepada pimpinan lainnya terhadap kabar ancaman itu.

"Ini barusan Pak Alex Marwata mrnyampaikan ke saya, kalu beliau kaget dan tidak tau menahu dengan cerita yang termuat dalam replik kuasa hukum Pak Firli," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron juga membantah perihal ancaman itu. Ia menegaskan dirinya tidak pernah mendapat ancaman apapun.

"Kan itu pembelaannya dari pak Firli ya, kita pasrahkan saja kepada penasehat hukumnya pak Firli. Yang jelas kalau saya, saya tidak merasa ada ancaman itu. Kalau ke saya, saya tidak, tidak dapat ancaman," kata Ghufron saat ditemui di Gedung KPK, Kamis (14/12/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)