Jenderal Baru di Tubuh Polri Pascamutasi, 37 Perwira Pecah Bintang

Kamis, 14 Desember 2023 - 06:03 WIB
loading...
Jenderal Baru di Tubuh Polri Pascamutasi, 37 Perwira Pecah Bintang
Terdapat sejumlah jenderal baru di tubuh Polri setelah mutasi besar-besaran yang dilakukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada awal Desember 2023. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah jenderal baru di tubuh Polri setelah mutasi besar-besaran yang dilakukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada awal Desember 2023. Sebanyak 37 Perwira Menengah (Pamen) pecah bintang atau naik menjadi Perwira Tinggi (Pati) meraih pangkat Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol).

Pati merupakan golongan pangkat perwira tertinggi di insitusi TNI dan Polri yang ditandai dengan tanda bintang di pundak seragamnya. Khusus di Polri, ada empat pangkat dalam golongan Pati. Dari terendah Brigjen Pol (Bintang 1), kemudian Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol/Bintang 2), Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol/Bintang 3), dan Jenderal Polisi (Bintang 4).

Mutasi terbaru Polri tertuang dalam surat telegram Nomor ST/2750/XII/KEP./2023 tanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani oleh As SDM Irjen Dedi Prasetyo atas nama Kapolri. Total sebanyak 513 Pamen dan Pati dipindah dari jabatan lama ke jabatan baru.



"Mutasi hal yang alamiah dalam organisasi Polri. Pergantian dilakukan kepada personel memasuki masa purna bakti. Lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area serta fokus persiapan pengamanan pemilu dan Operasi Lilin, pengamanan Nataru serta menjaga harkamtibmas," ucap Dedi dalam keterangan, Kamis (7/12/2023).

Setidaknya terdapat 37 perwira yang pecah bintang pascamutasi yang dilakukan Kapolri. Siapa saja mereka?

Berikut ini jenderal baru di tubuh Polri pascamutasi awal Desember 2023:


1. Kombes Pol Tony Harsono, Wakasetukpa Lemdiklat Polri diangkat menjadi Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II Bareskrim Polri. Menggantikan Brigjen Pol Hero Henrianto Bachtiar yang diangkat menjadi Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri.

2. Kombes Pol Agus Suryonugroho, Dirlantas Polda Jateng diangkat menjadi Wakapolda Jateng. Menggantikan Brigjen Pol Abioso Seno Aji yang dimutasi menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

3. Kombes Pol Sumarto, Kabagrenmin Divpropam Polri diangkat menjadi Karoprovos Divpropam Polri. Menggantikan Brigjen Pol Gupuh Setiyono yang diangkat menjadi Wakapolda Sumbar

4. Kombes Pol Hengki Haryadi, Dirreskrimum Polda Metro Jaya diangkat menjadi Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Polri. Menggantikan Brigjen Pol Yoyon Tony Surya Putra yang dimutasi menjadi Kapusiknas Bareskrim Polri.

5. Kombes Pol Marsudianto, Karoops Polda Metro Jaya diangkat menjadi Karojianstra Sops Polri. Menggantikan Brigjen Pol Johnny Eddison Isir yang diangkat menjadi Kapolda Papua Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)