Survei Indikator Politik: Tingkat Kepuasan Publik terhadap Jokowi 76,2 Persen

Sabtu, 09 Desember 2023 - 21:29 WIB
loading...
Survei Indikator Politik: Tingkat Kepuasan Publik terhadap Jokowi 76,2 Persen
Tingkat kepuasan publik atau approval rating terhadap kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap tinggi berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Foto/Dok Setpres
A A A
JAKARTA - Tingkat kepuasan publik atau approval rating terhadap kerja Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) tetap tinggi berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. Survei tatap muka nasional yang dilakukan pada 23 November 2023 hingga 1 Desember 2023 itu, approval rating terhadap kerja Jokowi mencapai 76,2 persen.

Mayoritas publik merasa puas dengan kinerja Jokowi meski mantan Gubernur DKI Jakarta itu diterpa badai isu negatif. Survei itu menempatkan 1.200 responden dengan oversample di 15 provinsi mencapai 5.380 responden, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

“Mayoritas masyarakat merasa puas atas kinerja Joko Widodo sebagai presiden. Angkanya mencapai 76,2 persen,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida ketika memaparkan hasil survei bertajuk ‘Dinamika Elektoral di Awal Masa Kampanye’ secara virtual, Sabtu (9/12/2023).





Adapun kelompok masyarakat yang menyatakan sangat puas dengan kinerja Jokowi berada di angka 12,9 persen. Jumlahnya semakin meningkat menjadi 63,3 persen dalam kelompok masyarakat yang menyatakan cukup puas.

Sebaliknya, yang menyatakan kurang atau tidak puas dengan kinerja Jokowi angkanya kian mengecil, yakni 21,9 persen. “Setelah ditelusuri, alasan utama yang membuat masyarakat puas dengan kinerja Jokowi adalah suka memberi bantuan kepada rakyat kecil. Angkanya mencapai 33,6 persen,” jelas Rizka.

Survei Indikator Politik Indonesia juga memotret alasan lain ihwal tingginya approval rating Jokowi, yakni terkait pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan bendungan. Angkanya, mencapai 25,1 persen.

“Ada juga 8,9 persen yang menilai Jokowi orangnya merakyat. Dekat dengan rakyat. Ada juga yang menilai kinerjanya sudah bagus, mencapai 8,8 persen,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)