Lazisnu PBNU Serahkan Bantuan Rp5 Miliar untuk Palestina lewat Lembaga Zakat Mesir

Jum'at, 08 Desember 2023 - 23:11 WIB
loading...
Lazisnu PBNU Serahkan Bantuan Rp5 Miliar untuk Palestina lewat Lembaga Zakat Mesir
NU Care-Lazisnu PBNU menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui Bayt Zakat Al-Mishriyyah, lembaga zakat resmi negara Mesir, Jumat (8/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - NU Care-Lazisnu PBNU menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui Bayt Zakat Al-Mishriyyah, lembaga zakat resmi negara Mesir di bawah pembinaan Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Thayyib.

Dana kemanusiaan senilai Rp5 miliar diserahkan oleh Wakil Ketua Umum PBNU Habib Hilal Al-Aidid bersama Ketua Lazisnu PBNU Habib Ali Hasan Bahar pada Senin, 27 Novemver 2023.

Keduanya mendapatkan tugas khusus dari Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf untuk menyampaikan bantuan kemanusiaan tersebut.

Habib Hilal Al-Aidid mengatakan, selama negara Palestina masih terjajah oleh Israel, selama itu juga PBNU tidak akan berhenti memperjuangkan hak kemerdekaan negara dan bangsa Palestina.

“Kami berharap segenap negara yang mendukung kemerdekaan negara Palestina untuk menekan Israel agar menghentikan agresi militer serta penjajahan di tanah Palestina,” ujar Habib Hilal, Jumat (8/12/2023).

Habib Hilal juga menegaskan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia mendukung penuh kemerdekaan negara Palestina, karena kemerdekaan adalah hak segala bangsa serta penjajahan harus segera dihapuskan. “PBNU berkomitmen memperjuangkan hak-hak dan nilai kehormatan kemanusiaan,” tegasnya.

Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Thayyib mengapresiasi langkah PBNU dalam mendukung misi kemanusiaan melawan penjajahan dan kekerasan yang dilancarkan Israel di tanah Palestina.

“Kami juga mengapresiasi nilai moderasi yang dijalankan oleh PBNU karena kesamaan sudut pandang dalam akidah serta sikap dalam beragama, bahwa Al-Azhar dan PBNU sebagai saudara kembar yang identik dalam berbagai aspek,” ucap Syekh Al-Thayyib.

Ketua Lazizlsnu PBNU Habib Ali Hasan Al Bahar mengungkapkan bantuan tersebut merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan Nahdlatul Ulama yang dibangun bersama seluruh donatur, yang telah menitipkan dana kemanusiannya untuk rakyat Palestina.

“Ini (bantuan) bentuk solidaritas kemanusiaan dari NU dan masyarakat Indonesia secara umum. Kami pun mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh donatur jaringan NU dan Lazisnu sedunia. Semua penyumbang yang menitipkan amanah bantuan kemanusiaannya untuk Palestina, baik dari perorangan, kelompok, sekolah, pesantren, majelis taklim, jama’ah dan jam’iyyah NU, yang telah mendukung dan berkontribusi untuk program NU Peduli Palestina ini,” ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)