Kunker ke Papua, Panglima TNI-Kapolri Komitmen Wujudkan Pemilu Aman dan Damai

Jum'at, 08 Desember 2023 - 19:46 WIB
loading...
Kunker ke Papua, Panglima TNI-Kapolri Komitmen Wujudkan Pemilu Aman dan Damai
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan komitmen bersamanya untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, aman, dan lancar. Foto/MNC Media
A A A
PAPUA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan komitmen bersamanya untuk mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang damai, aman, dan lancar.

Seruan sinergisitas pimpinan lembaga TNI dan Polri tersebut disampaikan dalam kegiatan kunjungan kerja (kunker) ke Papua pada Jumat (8/12/2023). Salah satu agendanya adalah meninjau deklarasi Pemilu Damai bersama dengan lintas elemen masyarakat di Papua.

Dalam kesempatan itu, Sigit menekankan TNI-Polri bersama seluruh stakeholder terkait memiliki tugas mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 agar berjalan damai, aman, dan lancar.

"Terkait dengan kegiatan yang kita lakukan selama ini, dimana-dimana kita selalu mengawal, menyerukan, dan menyaksikan bersama masyarakat serta KPUD, Bawaslu menyelenggarakan komitmen pemilu damai," ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun menegaskan kegiatan deklarasi Pemilu Damai sangat penting dan harus terus digelorakan. Menurut Sigit, perbedaan dalam pesta demokrasi adalah hal yang lumrah, seluruh masyarakat bebas menentukan pilihannya. Namun, ditegaskan Sigit, dalam Pemilu 2024 semua pihak harus mengutamakan, mengawal, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sehingga ke depan apa yang menjadi tujuan nasional dan cita-cita bangsa semuanya bisa berjalan aman, lancar dan sesuai harapan rakyat," kata Sigit.

Sementara itu, Panglima TNI memiliki harapan yang sama. Ia ingin Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Untuk itu, ia menegaskan akan berkolaborasi dengan Polri dan stakeholder terkait mewujudkan hal tersebut.

"Kita berharap pelaksanaan pemilu di Papua dan daerah lainnya berjalan lancar. Kita akan bantu dari distribusi sampai pengamanan di TPS. Tentunya kita berkolaborasi dengan Polri, Bawaslu, dan KPU yang ada di wilayah," ucapnya.

Di sisi lain, salam kunjungan kali ini, kedua pimpinan TNI-Polri ini juga meninjau pelaksanaan bakti kesehatan dan penyerahan bantuan sosial dari TNI-Polri kepada seluruh masyarakat.

Selain itu menyaksikan deklarasi Pemilu Damai bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, warga dan penyelenggara pemilu di wilayah Papua, Kapolri dan Panglima juga memberikan pengarahan kepada jajaran terkait situasi kamtibmas di Papua.

Bakti kesehatan sendiri dilaksanakan di Lapangan Lantamal X Jayapura dengan target pengobatan sebanyak 1.000 orang. Sementara, kegiatan bakti sosial akan diserahkan 1.000 paket sembako kepada masyarakat.



Panglima dan Kapolri juga menyempatkan berinteraksi langsung kepada masyarakat yang mengikuti bakti kesehatan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)