Terima Kunjungan Panglima, Kapolri Perkuat Sinergisitas TNI-Polri Amankan Pemilu hingga Bencana Alam

Rabu, 06 Desember 2023 - 18:34 WIB
loading...
Terima Kunjungan Panglima, Kapolri Perkuat Sinergisitas TNI-Polri Amankan Pemilu hingga Bencana Alam
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan atau Courtesy Call, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Jajaran TNI dan Polri terus berkomitmen memperkuat sinergisitas mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan aman, lancar, dan damai. Kedua institusi itu juga memastikan kegiatan pemilu berjalan sesuai dengan tahapan yang telah diatur.

Hal itu ditegaskan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat menerima kunjungan atau Courtesy Call, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).



"Saat ini kita dihadapkan dengan berbagai macam tugas. Yang pertama bagaimana mengawal agar pemilu berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Beberapa hal juga kita bicarakan misalnya di tengah isu ketidaknetralan. Namun di sisi lain kami juga harus turun ke lapangan karena untuk memastikan kegiatan tahapan Pemilu," ujar Sigit.



Mantan Kabareskrim Polri itu juga memastikan pelaksanaan kampanye sampai dengan kegiatan di TPS, pengawalan rekapitulasi surat suara. Termasuk menghadapi sengketa semuanya bisa berjalan dengan aman dan damai. Meskipun dalam pesta demokrasi terjadi perbedaan pendapat atau pilihan.

"Tugas kami bagaimana mengawal agar demokrasi dapat berjalan dengan baik," kata Sigit.

Hal lain yang menjadi perhatian TNI dan Polri adalah menghadapi berbagai macam pekerjaan rumah terkait bencana alam. Belakangan ini, kata Sigit, bencana terjadi di sejumlah daerah sehingga TNI dan Polri turun ke bawah membantu masyarakat yang terdampak bencana.

"Kita akan bergerak cepat ke wilayah-wilayah yang terdampak bencana. TNI-Polri, hadir sebagai representasi negara dan itu juga tadi kita diskusikan," jelas mantan Kapolda Banten itu.

Soal keamanan Papua, lanjut Sigit, juga menjadi hal yang utama dalam pertemuan tersebut. TNI-Polri juga akan terus mengawal dan menjaga berbagai macam program pembangunan yang dicanangkan pemerintah agar berjalan dengan baik dan lancar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3225 seconds (0.1#10.140)