Waketum Partai Perindo Tegaskan Debat Cawapres Jadi Momen dan Ruang Uji Kapasitas

Jum'at, 08 Desember 2023 - 15:01 WIB
loading...
Waketum Partai Perindo Tegaskan Debat Cawapres Jadi Momen dan Ruang Uji Kapasitas
Waketum DPP Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah menuturkan eksplorasi gagasan capres dan cawapres secara terpisah dalam debat Pemilu 2024 penting dilakukan. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah menuturkan eksplorasi gagasan capres dan cawapres secara terpisah dalam debat Pemilu 2024 penting dilakukan.

Menurut dia, format ini memberikan momen dan ruang bagi cawapres untuk menampilkan kapasitas, pemikiran, serta gagasannya secara genuine dan mandiri.

Hal tersebut disampaikan Ferry Kurnia merespons penetapan format debat capres-cawapres yang akan digunakan dalam Pilpres 2024.



KPU merencanakan debat capres dan cawapres dilakukan secara terpisah, masing-masing sebanyak lima kali. "Dalam konteks konstitusional, kapasitas cawapres harus setara dengan capres karena memiliki kewajiban untuk siap menggantikan peran capres dalam situasi darurat atau sementara," ujar Ferry di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Mengacu pada pengalaman Pilpres sebelumnya, debat capres-cawapres dapat mempengaruhi persepsi publik terkait kemampuan, kredibilitas, dan kapasitas paslon 2024 yang bersaing.

Bahkan, kemenangan dalam debat Pilpres bisa berdampak pada perubahan basis dukungan politik. "Pengaruh debat sangat signifikan termasuk di kalangan kelas menengah terdidik dan masyarakat umum yang menjadi elemen swing voters dan undecided voters," kata Ferry yang juga Caleg DPR Dapil Jawa Barat I (Kota Bandung dan Kota Cimahi).

Mantan Komisioner KPU ini memberikan contoh dalam Pilpres 2004 dan 2014 di mana elektabilitas Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi) berhasil melampaui elektabilitas lawan mereka.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan keputusan ini merupakan hasil rapat yang melibatkan masing-masing tim sukses pasangan capres-cawapres Pilpres 2024.

Rapat tersebut membahas format debat dan panelis yang akan terlibat dalam debat capres-cawapres. Meskipun debat dilakukan terpisah, Hasyim menegaskan pasangan capres-cawapres diharuskan hadir secara bersama dalam setiap debat yang diselenggarakan.

Namun, dalam pelaksanaannya akan dibicarakan apakah capres dan cawapres akan tampil bersama atau tidak.

Walau pasangan calon diharuskan hadir secara bersama, porsi debat berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Artinya, pada debat capres, capres akan berbicara sepenuhnya, begitu juga dengan debat cawapres.

Hasyim menambahkan pada debat antarcawapres, capres tidak memiliki porsi bicara dan demikian pula sebaliknya. "Setiap kesempatan bicara untuk capres dan cawapres telah ditetapkan secara jelas. Pembagian ini sudah terjadwal dengan baik," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)