Ganjar Pranowo Capres Pertama Kunjungi IKN, Serius Pindah Ibu Kota

Kamis, 07 Desember 2023 - 17:23 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Capres Pertama Kunjungi IKN, Serius Pindah Ibu Kota
Capres Ganjar Pranowo saat mengunjungi Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023) siang. FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres) pertama yang menginjakan kaki di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). Bahkan, capres nomor urut 3 ini menyebut kunjungannya merupakan bentuk keseriusan melanjutkan pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Negara.

Hal ini disampaikan Ganjar ketika berkunjung ke Titik Nol Nusantara, setelah melihat Rumah Teknologi di IKN. Ketibaan capres berambut putih itu mendapat antusiasme dari masyarakat. Mereka yang tengah menikmati keindahan alam di Titik Nol Nusantara itu tak mau ketinggalan mengabadikan momen berfoto bersama Ganjar. Dengan ramah, Ganjar meladeni permintaan dari masyarakat itu.

"Ya untuk menunjukkan sebuah komitmen saja, saya orang yang konsisten tidak pernah bergeser atas pelaksanaan sebuah peraturan dan tentu saja IKN ini sebuah konsep yang disiapkan, bahkan sejak zaman Bung Karno, di mana ada perencanaan untuk memindahkan Ibu Kota. Presiden ke presiden belum berhasil dan hari ini sudah dimulai," kata Ganjar Pranowo usai ditemui awak media di Titik Nol Nusantara.



Ganjar juga tampak senang, rupanya Pohon Kepel (Stelechocarpus burahol) yang ditanamnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tumbuh subur.

Secara gamblang, Ganjar menegaskan selama pemerintahan Ganjar-Mahfud lima tahun ke depan akan tetap melanjutkan proyek IKN. Sesuai dengan rencana pemerintah untuk mengejar target yang telah disusun dan rampung pada 2045.

Konsistensi inilah yang akan didorong Ganjar untuk mewujudkan mimpi besar bangsa Indonesia dan Presiden Soekarno, tentu dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

"Maka tugas kita adalah melanjutkan dan kita siapkan betul dengan baik agar ini bisa berjalan sesuai dengan rencana, kecanggihan teknologinya tadi sudah dipaparkan, partisipasi masyarakat perlu kita dengarkan dan mudah-mudahan menjadi harapan Indonesia bersama-sama," kata Ganjar.



Sebagai informasi, sejak masa kampanye dimulai Ganjar sudah berkeliling beberapa daerah Indonesia. Diawali dengan mengunjungi dan berkeliling Kabupaten Merauke, Papua Selatan. Ganjar terbang ke Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian Ganjar melanjutkan kampanye ke sejumlah ke sejumlah daerah di NTT dan Nusa Tenggara Barat seperti Kabupaten Ende, Pulau Rote, Kota Bima, dan Pulau Lombok.

Capres berambut putih itu kembali berkampanye di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan Kota Palu Sulawesi Tengah dan menyapa masyarakat yang ada di sana. Dua hari belakangan, Ganjar sedang berkeliling Kalimantan Timur untuk berkampanye di Kota Balikpapan, Kota Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, dan IKN.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)