Bentuk Karakter SDM, Pentingnya Beri Pengalaman ke Anak terkait Coding Interaktif

Rabu, 06 Desember 2023 - 15:12 WIB
loading...
Bentuk Karakter SDM, Pentingnya Beri Pengalaman ke Anak terkait Coding Interaktif
Acara Coding For Kids, di Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Anak sebagai generasi awal dalam pembentukan sumber daya manusia (SDM) diperlukan berbagai cara agar bisa menjadikan dia sebagai karakter SDM yang tangguh. Pandangan ini terungkap dalam acara Coding For Kids, di Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE Solution) ini,
diisi dengan pengenalan coding melalui games interaktif untuk anak-anak ini bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar coding melalui metode belajar sambil bermain.

Mustika Rengganingrum selaku Penanggung Jawab Acara menyatakan, pentingnya memahami dunia digital
sejak usia dini memberikan banyak manfaat pada pembentukan pola pikir anak Coding bukan sekadar
keterampilan psikomotorik saja.

"Tetapi terkait dengan cara berpikir yang dikenal sebagai computational thinking atau algorithmic problem solving skill yang memungkinkan anak mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreativitas, dan problem-solving. Dengan mempelajari coding sejak dini, anak-anak jadi mampu untuk memahami bagaimana teknologi di sekitar mereka bisa beroperasi," kata Mustika dalam keterangannya, Rabu (6/12/2023).

Pada acara yang dihadiri kurang lebih 50 peserta ini, anak–anak diajarkan cara untuk mengoperasikan beberapa game melalui pengenalan konsep dasar coding. Sepanjang sesi berlangsung para peserta juga didampingi oleh tim ekspertis dari SPE Solution atau yang dikenal dengan panggilan SPEcialteam untuk memberikan bimbingan kepada setiap peserta.

"Melihat semangat anak-anak pada acara ini, kami yakin bahwa investasi dalam literasi digital anak-anak adalah langkah yang sangat penting. Semoga acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga menginspirasi anak-anak untuk menjelajahi dunia teknologi dengan penuh semangat," ujar Mustika.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung terselenggaranya acara ini, kami berharap dapat melanjutkan upaya bersama untuk menciptakan generasi yang melek teknologi dan siap bersaing di era digital," tutup Mustika.

Suksesnya acara Coding For Kids yang dihelat oleh SPE Solution juga dirasakan oleh perwakilan dari salah satu orang tua peserta yang mengikuti acara ini, Mega Reiyana. "Acara ini sangat inspiratif ya untuk anak-anak karena anak-anak jadi bisa mengenal coding dengan cara yang mudah. Acaranya juga menyenangkan dan pematerinya interaktif bikin anak-anak jadi antusias," ucapnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)