Deretan KSAD yang Pernah Jabat Danpaspampres, Tiga Orang dari Kesatuan Elite Kopassus

Rabu, 06 Desember 2023 - 06:04 WIB
loading...
Deretan KSAD yang Pernah Jabat Danpaspampres, Tiga Orang dari Kesatuan Elite Kopassus
Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bersama Jenderal TNI Agus Subiyanto usai Upacara Sertijab KSAD di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Jumat (1/12/2023). FOTO/MPI/GIFFAR RIVANA
A A A
JAKARTA - Sejumlah KSAD ternyata pernah menduduki jabatan Danpaspampres . Tiga di antaranya berasal dari kesatuan elite TNI, Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

KSAD atau Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) merupakan pemimpin tertinggi di organisasi TNI AD. Jabatan itu diemban oleh Perwira Tinggi (Pati) TNI AD berpangkat Jenderal TNI (bintang empat).

Sementara Danpaspampres adalah singkatan dari Komandan Pasukan Pengamanan Presiden. Jabatan itu diisi oleh Pati TNI, baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), maupun Angkatan Udara (AU) berpangkat bintang dua.



Paspampres bertugas melakukan pengamanan fisik langsung, jarak dekat, setiap saat, kepada Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden beserta keluarganya, serta tamu negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan. Pasukan ini terdiri dari prajurit pilihan dari berbagai kesatuan elite TNI, seperti Kostrad, Kopassus, Raider, Marinir, Kopaska, Paskhas, dan Polisi Militer.

Dari sekian banyak KSAD, ada beberapa yang pernah menduduki jabatan Danpaspampres. Siapa saja mereka?

Berikut ini KSAD yang pernah menjabat Danpaspampres:

1. Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto

Deretan KSAD yang Pernah Jabat Danpaspampres, Tiga Orang dari Kesatuan Elite Kopassus

FOTO/DOK.TNI AD

KSAD pertama yang pernah menduduki jabatan Danpaspampres adalah Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto. Lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1971 itu menjadi KSAD di era Presiden Abdurrahman Wahid (2000-2002).

Sebelum menjabat KSAD, Endriartono dipercaya mengemban sejumlah jabatan strategis. Antara lain Danyonif 514/Sabbada Yudha Kostrad (1985-1987), Kepala Staf Divisi Infanteri 1/Kostrad (1995-1996), dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) (1997-1998).

Setelah itu, karier militernya cemerlang. Tentara kelahiran Purworejo, 29 April 1947 itu dipercaya menjadi Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI (Dansesko TNI), Wakil KSAD, dan KSAD. Tak sampai di situ, Endriartono juga mencapai karier tertinggi di militer, menjadi Panglima TNI di zaman Presiden Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mengutip informasi dari e-book Profil Kepala Staf Angkatan Darat Ke-1 sd Ke-26 yang diterbitkan Dinas Sejarah Angkatan Darat, Endriartono Sutarto juga menjalani sejumlah pendidikan militer. Beberapa di antaranya seperti Sussarcabif (1971), Mos Paharjas (1972), Sus Bahasa Inggris (1975), Airborne USA (1977), Ranger USA (1977), Pathfinder USA (1977), Suslapaif (1982), Seskoad (1985), Sesko ABRI (1993), hingga Lemhannas (1995).

2. Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa

Deretan KSAD yang Pernah Jabat Danpaspampres, Tiga Orang dari Kesatuan Elite Kopassus

FOTO/DOK.SINDOnews
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)