Sekjen PBNU: Erick Thohir Sosok Tepat Konsolidasikan Transisi Lakpesdam NU

Minggu, 03 Desember 2023 - 00:25 WIB
loading...
Sekjen PBNU: Erick Thohir Sosok Tepat Konsolidasikan Transisi Lakpesdam NU
Erick Thohir dipilih sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menuturkan dipilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU didasarkan pada hasil rapat gabungan PBNU .

"Dalam pembahasan ketua umum Lakpesdam ini, saya sampaikan bahwa Lakpesdam ke depan ingin dijadikan sebagai Bappenasnya NU," katanya, Sabtu (2/12/2023).

Karena itu, Lakpesdam PBNU nantinya mencakup perencanaan program dan juga penganggaran. Termasuk konsep-konsep strategis sampai turunannya yang turut dibahas di Lakpesdam.



"Nantinya menjadi semacam lembaga think tank yang menggodok perencanaan jangka menengah, jangka pendek, dan jangka panjang. Ada yang jangka waktu tahunan, 5 tahunan, dan 20 tahunan," ujarnya.

Perencanaan yang disusun di Lakpesdam PBNU meliputi hampir semua bidang. Untuk itu, Erick diharapkan dapat mengonsolidasikan proses transisi Lakpesdam ini hingga menjadi lembaga semacam Bappenasnya NU.

Menurut Gus Ipul, Erick merupakan sosok yang tepat untuk menjadi ketua Lakpesdam PBNU karena memiliki berbagai pengalaman, mulai dari pengalaman sebagai teknokratis hingga pengalaman-pengalaman lainnya.

"Yang nantinya diharapkan menyusun satu rencana transformasi dengan baik, termasuk transformasi digital terkait tata kelola," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya akan mengangkat Erick Thohir sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU.

Pengangkatan Erick sebagai Ketua Lakpesdam PBNU demi membangun teknokrasi dalam operasi organisasional NU. Menurut dia, Erick memiliki pengalaman dalam hal tersebut dan telah memiliki rekam jejak yang bagus.

"Saya mau membangun teknokrasi dalam operasi organisasional. Dan Pak Erick sangat berpengalaman. Punya track record yang bagus sekali. Saya ingin membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenasnya NU," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)