Keren! Kagumi Tradisi Hus Tarian Berkuda Massal di Rote, Ganjar: Budaya Jadi Identitas Bangsa

Sabtu, 02 Desember 2023 - 22:45 WIB
loading...
Keren! Kagumi Tradisi Hus Tarian Berkuda Massal di Rote, Ganjar: Budaya Jadi Identitas Bangsa
Capres 2024 Ganjar Pranowo menyaksikan tradisi Hus di Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain saat bersafari di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12/2023). Foto: MNC Media
A A A
PULAU ROTE - Capres 2024 bernomor urut 3 Ganjar Pranowo menyaksikan tradisi Hus di Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain saat bersafari di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12/2023).

Tradisi Hus adalah praktik budaya yang telah lama dan turun-temurun dilakukan oleh masyarakat setempat. Sekilas, tradisi ini seperti pacuan kuda, namun sebenarnya lebih pada tarian berkuda di mana kaum pria menunggang kuda secara massal.

Mereka menghias kudanya dengan bendera, kain adat, dan asesoris yang dekoratif lainnya. Para joki juga mengenakan busana adat Rote lengkap dengan topi khasnya Ti'ilanga.



Kali pertama tiba, Ganjar langsung disambut warga dan para joki. Mereka mengenalkan kudanya masing-masing kepada Ganjar. Suasana semakin meriah karena mereka tampil di hadapan Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengaku kagum dengan tradisi Hus. Sebab, tradisi itu tidak banyak ada di daerah lain.

"Inilah kekayaan Indonesia yang tidak ternilai. Budaya turun-temurun yang sampai saat ini masih dilestarikan masyarakat. Ini keren," ujar Ganjar.

Menurut dia, budaya yang ada di daerah selain sebagai identitas bangsa juga bisa menjadi potensi wisata.

Sementara, Yerhas, salah satu joki kuda tradisi Hus mengatakan kedatangan Ganjar memberikan suasana baru pada pelaksanaan tradisi Hus kali ini. "Pak Ganjar luar biasa bisa datang ke sini dan menyaksikan Hus," katanya.

Dia berharap Ganjar bersama Mahfud MD bisa menjadikan Pulau Rote semakin maju dan sejahtera. Salah satunya mempedulikan budaya dan alamnya. "Kami mendukung Pak Ganjar jadi presiden. Semua joki mendukung," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)