Anggota Keluarga Luhut Binsar Pandjaitan yang Masuk Militer, dari Anak hingga Menantu

Kamis, 30 November 2023 - 21:27 WIB
loading...
Anggota Keluarga Luhut Binsar Pandjaitan yang Masuk Militer, dari Anak hingga Menantu
Jejak Luhut Binsar Pandjaitan sebagai perwira TNI juga diikuti oleh sejumlah anggota keluarganya. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, ia berstatus sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luhut lahir di Toba Samosir, Sumatera Utara, 28 September 1947. Melihat riwayatnya, ia adalah lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1970.

Saat masih aktif di militer, ada banyak jabatan penting yang sempat ditempatinya. Sebut saja seperti Komandan Grup 3 Sandhi Yudha Kopassus (1990), Komandan Pusdikpassus (1993), Komandan Pussenif TNI-AD (1996-1997), hingga Dankodiklat TNI-AD (1997-1998).



Lama menapaki karier di militer, jejak Luhut Pandjaitan juga berusaha diikuti oleh sejumlah anggota keluarganya. Berikut beberapa di antaranya yang bisa diketahui.

Keluarga Luhut Binsar Pandjaitan yang Masuk Militer


1. Letkol Inf. Paulus Pandjaitan

Anggota Keluarga Luhut Binsar Pandjaitan yang Masuk Militer, dari Anak hingga Menantu


Letkol Inf. Paulus Pandjaitan merupakan putra dari Luhut Pandjaitan dan Devi Simatupang. Ia menjadi anak ketiga dari empat bersaudara.

Sempat dilarang oleh sang ayah untuk menjadi tentara, Paulus tetap gigih pada pendiriannya. Setelah jalan panjang yang dilalui, ia mendaftar melalui jalur Perwira Prajurit Karier (PaPK) TNI.



Kemudian, Paulus akhirnya masuk Kopassus dan sempat menjadi bagian Satuan Tugas Batalyon Mekanik TNI Kontingen Garuda XXIII-B/Unifil pada 2007. Setelahnya, ia mengambil Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa), melanjutkan S2 di Australia, hingga berhasil lulus tes Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)