Ganjar Pranowo Ingin Kembalikan Roh Indonesia sebagai Negara Agraris

Kamis, 30 November 2023 - 14:36 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Ingin Kembalikan Roh Indonesia sebagai Negara Agraris
Calon Presiden (Capres) yang diusung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menegaskan roh Indonesia sebagai negara agraris harus dikembalikan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) yang diusung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menegaskan roh Indonesia sebagai negara agraris harus dikembalikan. Pasalnya, sejak dulu sebagian besar penduduk bekerja di sektor pertanian.

“Harus, harus. Karena itu basic yang utama,” ujar Ganjar saat menjawab pertanyaan pada dialog Sang Kandidat bersama Ganjar, Kamis (30/11/2023).



Apalagi, kata Ganjar, Indonesia merupakan negara tropis kekayaannya tidak didapatkan oleh negara lain. “Kenapa kita melompat tinggi-tinggi sementara kita punya kemampuan yang hebat. Matahari kita tiap hari bikin kita panas sampai gosong, itu tidak didapatkan oleh negara lain. Artinya dalam area yang tropis itu banyak sekali kekayaan,” tuturnya.

Oleh karena itu, Ganjar mengatakan jika komoditas pertanian diberikan treatment dengan tepat maka akan cepat bisa mengembalikan Indonesia sebagai negara agraris.

“Maka kalau seluruh komoditas itu kita identifikasi pemerintah memberikan treatment, apakah kemudian tadi subsidi di depan, apakah kemudian dari prosesnya, apakah kemudian subsidi harga dan proteksi produk pertanian kita,” jelasnya.



Selain itu, Ganjar juga ingin agar Indonesia bisa berdaulat pangan. “Kalau daulat kita menentukan sendiri. Kalau menentukan sendiri mungkin impor beras perlu, oke untuk beras jenis khusus, kesehatan, kebutuhan restoran tapi beras yang jenis umum saya kira bisa dicukupi dari kita,” paparnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)