alexa snippet

Jadi Calon Panglima TNI, Begini Karier Marsekal Hadi Tjahjanto

Jadi Calon Panglima TNI, Begini Karier Marsekal Hadi Tjahjanto
Marsekal Hadi Tjahjanto berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla, usai dilantik menjadi KSAU 18 Januari 2017. Foto/SINDOnews/Eko Purnwaot
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan nama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI ke DPR.

Hadi akan menggantikan posisi Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada Maret mendatang. Sejak jauh-jauh hari, tidak sedikit yang mempredksi Hadi berpeluanjg menjadi calon Panglima TNI.

Prediksi itu bahkan muncul sesaat setelah Hadi dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAU di Istana Negara pada 18 Januari 2017. Kini, 11 bulan berselang, prediksi itu menjadi kenyataan.

Seperti apa perjalanan karier Hadi hingga dipilih Jokowi menjadi calon tunggal Panglima TNI?

Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 ini adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986. Dia memulai kariernya sebagai pilot pesawat angkut Cassa di Skadron 4 yang bermarkas di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Hadi kemudian menjabat sebagai Kepala Seksi Latihan Skadron 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang pada 1993.

Tugas Skadron 4 saat itu adalah basis operasi pesawat angkut ringan untuk operasi dukungan udara, SAR terbatas, dan kursus penerbangan pesawat angkut.

Pada 1996, dia menjadi pemimpin angkutan berat sebagai Komandan Flight Ops A Flightlat Skuadron Udara 32 Wing 2 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh.

Selanjutnya, Hadi memimpin pendidikan penerbang sebagai Komandan Flight Skuadron Sidik 101 Pangkalan Udara Adi Soemarmo pada 1997.

Satu tahun kemudian, pada 1998 Hadi menjadi Kepala Seksi Bingadiksis Dispers Lanud Adi Soemarmo. Pada tahun yang sama, dia menjabat Komandan Batalyon III Menchandra Akademi TNI.

Pada 1999, Hadi menjadi instruktur penerbangan Lanud Adi Sucipto. Memasuki tahun 2000, dia dipercaya menjadi Kepala Seksi Keamanan dan Pertahanan Pangkalan Dinas Operasi Lanud Adi Sucipto.

Karier di jenjang tinggi Angkatan Udara mulai ditapaki Hadi saat menjadi Komandan Satuan Udara Pertahanan Komando Operasi Angkatan Udara I tahun 2001.

Suami Nanik Istumawati itu kemudian menjabat Kepala Departemen Operasi Sekolah Staf dan Komando Angakatan Udara tahun 2004.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top