STC 2023, Diharapkan Tingkatkan Potensi Bahari, Maritim, Budaya, serta Dorong Investor Majukan Papua

Sabtu, 25 November 2023 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 dengan tema ”Memperkuat Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik” diselenggarakan di empat kabupaten di Papua, yaitu Kabupaten Biak Numfor, Waropen, Kepulauan Yapen, dan Sarmi. Event ini memperkuat hilirisasi potensi laut kedaulatan maritim Indonesia di kawasan Pasific.

STC telah di-launching pada 2 hingga 4 Februari 2023 di Jakarta. Kabupaten Biak Numfor menjadi lokasi pertama dilaksanakannya event ini. Puncak Sail Teluk Cendrawasih (STC) 2023 berlangsung dari 21-27 November 2023.

STC 2023 merupakan rangkaian gelaran tahunan Sail Indonesia. Tema yang diusung dalam STC 2023 tersebut menunjukkan bahwa kedaulatan laut menjadi bagian dari penguatan ekonomi, penguatan identitas, penguatan ketahanan, dan persatuan kesatuan bangsa Indonesia.

Pagelaran ini merupakan salah satu kegiatan guna percepatan pembangunan Papua karena masuk dalam salah satu agenda dari Rencana Aksi INPRES Nomor 9 Tahun 2020, tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.
STC 2023, Diharapkan Tingkatkan Potensi Bahari, Maritim, Budaya, serta Dorong Investor Majukan Papua

Pembukaan STC 2023 dimeriahkan tarian kolosal oleh 1200 penari, aksi para penerjun TNI-Polri, sailing pass Kapal TNI Angkatan Laut, kapal SAR, hingga 1.000 perahu nelayan. (Foto: dok. YouTube BKPM)

Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan STC 2023 mulai dari pembukaan hingga puncak acara, seperti Festival Budaya Biak, Workshop Baramundi, Sail Teluk Cenderawasih, Festival Gerhana Matahari Total (GMT), Seminar Biak Space Center.

Selanjutnya, workshop Pengembangan Komoditas Kepiting, Udang, Festival Makan 10.000 Kepiting, Festival Negeri Sejuta Bakau, Peresmian Kampung Wisata, Lomba Balap Perahu Tradisional, International Sport Tourism dan International Marathon Biak.

Tak ketinggalan dilaksanakan juga workshop Kopi Amabidiru, Jambore Pemuda, Biak 10k, Tour de Pasifik, Pesona Kuliner Biak, Lomba Cipta Menu Pangan Lokal, Pelangi Nada, workshop Komoditas Pertanian dan Peternakan, Festival Biak Munara Wampasi.

Percepatan Pertumbuhan Ekonomi
Dalam rangkaian acara STC 2023, Kementerian Investasi/BKPM menggelar Forum Investasi di KSL Grand Ballroom Biak, Rabu, (22/11/2023). Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan menjadi pembicara kunci dalam Forum Investasi yang mengusung tema “Penguatan Investasi Maritim Berkelanjutan di Kawasan Timur Indonesia”.

Turut hadir dalam forum ini Wakil Bupati Biak Calvin Mansnembra, beserta delegasi dari negara-negara sahabat meliputi Romania, Mozambik, Jepang, Bosnia, Bulgaria, Kuwait, dan Fiji. Dalam kesempatan ini, Nurul menyampaikan bahwa Indonesia Timur memiliki peluang besar untuk memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

Forum ini menjadi wadah komunikasi antara pemerintah dengan para pelaku usaha. Di samping itu, disampaikan pula perihal regulasi yang harus disiapkan berkaitan dengan investasi. Dengan adanya regulasi yang bisa memasukan investor, diharapkan dapat berdampak positif terhadap peningkatan semua potensi yang ada di Papua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2407 seconds (0.1#10.140)