Sejumlah Fasilitas Dibangun, Presiden Terus Buktikan Perhatiannya untuk Papua

Jum'at, 24 November 2023 - 18:11 WIB
loading...
Sejumlah Fasilitas Dibangun, Presiden Terus Buktikan Perhatiannya untuk Papua
Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus memberikan atensi besar di sejumlah wilayah Papua. Hal itu dibuktikan dengan dibangunnya berbagai fasilitas umum. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan atensi besar di sejumlah wilayah Papua. Hal itu dibuktikan dengan dibangunnya berbagai fasilitas umum guna mendongkrak kesejahteraan di Papua, Kamis 23 Novemver 2023.

Di antara upaya Presiden Jokowi adalah membangun Kampung Nelayan Modern Samber dan Binyeri di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Presiden menekankan melakukan pendampingan para nelayan dalam hal teknis dan manajemen. Tujuannya adalah memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang telah dibangun di Kampung Nelayan Modern Samber dan Binyeri.

Presiden juga mendorong pengelolaan dan penyaluran hasil laut di Biak Numfor. "Pembangunan maritim ini tidak hanya urusan nelayan saja, karena yang namanya sumber daya alam laut kita ini kan bukan hanya urusan ikan," ucap Presiden dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Di hari yang sama, kegiatan Presiden selanjutnya adalah melakukan ground breaking Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Pupuk Fakfak di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Kawasan industri pupuk ini menandakan setelah 40 tahun Indonesia memiliki industri pupuk, Kawasan Industri Pupuk Fakfak menjadi yang pertama dibangun di wilayah Timur Indonesia.

Industri pupuk di Papua juga menjadi strategi besar menegakkan kedaulatan pangan di wilayah Papua. "Kita ini penduduk hampir 280 juta. Oleh sebab itu, kita harus mandiri, kita harus berdikari, kita harus berdaulat betul dalam hal pangan," ungkap Presiden.

Pada hari ketiga, Presiden berkunjung ke Kawasan LNG Teluk Bintani untuk meresmikan PSN Tangguh Train 3. Pada siang harinya, Presiden direncanakan menuju ke Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat untuk melakukan ground breaking Rumah sakit PKU Muhamadiyah, Unimuda Sorong, Jumat (24/11/2023).

Diketahui sebelumnya Presiden Jokowi menghadiri Puncak Acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023 yang digelar di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Kamis (23/11/2023).

Presiden Jokowi berharap event Sail Teluk Cenderawasih dapat diperkenalkan ke level nasional bahkan level internasional.

"Kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cenderawasih, budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global,” kata Presiden.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)