4 Danlanud Digeser, Nomor 1 Diganti Usai 2 Pesawat Super Tucano Jatuh

Jum'at, 24 November 2023 - 06:05 WIB
loading...
A A A
Rinciannya, 25 Pati TNI Angkatan Darat (AD), 10 Pati TNI Angkatan Laut (AL), dan 25 Pati TNI Angkatan Udara (AU). Nah, dari 25 Pati TNI AU, empat orang di antaranya adalah Danlanud yang digeser ke jabatan lain. Siapa saja empat Danlanud yang digeser?

1. Marsma TNI Fairlyanto

4 Danlanud Digeser, Nomor 1 Diganti Usai 2 Pesawat Super Tucano Jatuh

Foto/Dok TNI AU

Dia digeser dari Danlanud Abdulrachman Saleh menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU). Jabatan Danlanud Abdulrachman Saleh yang ditinggalkan Fairlyanto akan diisi oleh Marsma TNI Firman Wirayuda yang sebelumnya sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kodiklatau).

Adapun Fairlyanto resmi menjabat Danlanud Abdulrachman Saleh menggantikan Marsma TNI Zulfahmi saat upacara serah terima jabatan (sertijab) dipimpin Pangkoopsud II Marsda TNI Widyargo Ikoputra di Taxy Way Skadron Udara 32 pada Senin, 23 Januari 2023.

Saat itu, Pangkoopsud II Marsda TNI Widyargo Ikoputra mengatakan bahwa Lanud Abdulrachman Saleh sebagai pangkalan udara yang terletak di lokasi strategis, berada dalam benteng alam berupa gunung, di antaranya Gunung Bromo dan Gunung Semeru sebelah timur, Gunung Arjuno sebelah utara, dan Gunung Kawi dan Gunung Panderman sebelah barat, yang memiliki nilai keuntungan dalam segi pertahanan udara yaitu membuat sulitnya terdeteksi lawan dari udara.

Selain itu, kata dia, Lanud Abdulrachman Saleh merupakan satuan yang vital karena memiliki Skadron Udara Tempur dan Angkut beserta alat utama sistem persenjataan (alutsista) pendukung lainnya sebagai benteng pertahanan udara NKRI.

“Kedudukan Lanud Abdulrachman Saleh yang strategis dan vital tersebut, berdampak pada keunggulan dalam penyelenggaraan berbagai operasi penerbangan, pembinaan, dan kerja sama bilateral khususnya di bidang pengamanan wilayah udara, serta latihan militer Bersama,” kata Pangkoopsud II dikutip dari laman resmi TNI AU.

Adapun Fairlyanto merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1994 yang tercatat sebagai penerbang pesawat OV-10 Bronco. Sebelumnya, Fairlyanto menjabat sebagai Sesdisopslatau Mabesau Jakarta. Dia sudah tidak asing dengan Lanud Abd Saleh karena pernah berdinas di Lanud Abd Saleh di antaranya sebagai Danskadron 21, Kadisops, dan Danwing 2.

2. Marsma TNI Prasetiya Halim

4 Danlanud Digeser, Nomor 1 Diganti Usai 2 Pesawat Super Tucano Jatuh

Foto/Dok TNI AU

Dia digeser dari Danlanud Supadio (Spo) menjadi Dirlat Kodiklatau pengganti Marsma TNI Firman Wirayuda. Jabatan Danlanud Supadio Pontianak, Kalimantan Barat yang ditinggalkan Prasetiya Halim akan diisi oleh Marsma TNI Reka Budiarsa yang sebelumnya menjabat Komandan Komando Sektor (Kosek) I Komando Operasi Udara (Koopsud) I.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2599 seconds (0.1#10.140)