Anies Baswedan: Selama Ini Indonesia Makmur untuk Sebagian

Rabu, 22 November 2023 - 21:44 WIB
loading...
Anies Baswedan: Selama Ini Indonesia Makmur untuk Sebagian
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berbicara gagasan utama didirikannya Indonesia dalam acara diskusi dan diseminasi di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/11/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berbicara gagasan utama didirikannya Indonesia dalam acara diskusi dan diseminasi di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/11/2023). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyinggung ketimpang di mana-mana.

“Kami ingin mengembalikan gagasan utama mengapa republik ini didirikan,” kata Anies dalam acara kolaborasi Sekretariat Bersama (Sekber) Kuning Ijo Biru (KIB) bersama BEM se-Jawa Timur itu.

Anies mengatakan, republik ini didirikan dengan ide. Dia melanjutkan, para pendiri republik ini adalah kaum intelektual yang memiliki pengalaman perjuangan, mengalami beratnya kolonialisme, punya kedalaman intelektual, punya wawasan yang luas yang mampu menerjemahkan pengalamannya.

Anies Baswedan: Selama Ini Indonesia Makmur untuk Sebagian




“Observasinya, cita-citanya menjadi sebuah gagasan untuk republik baru yang namanya Indonesia, diwujudkan dalam pembukaan UUD 1945 yang kalau kita lihat narasinya kita boleh bangga, Indonesia punya narasi cita-cita kemerdekaan, tujuan kemerdekaan, janji kemerdekaan,” tuturnya.

Dia menambahkan, bila dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia paling memililki konstitusi gagasan yang luar biasa. “Misi kita Indonesia adil makmur untuk semua, karena yang kita saksikan selama ini Indonesia yang maju untuk sebagian, Indonesia yang makmur untuk sebagian ketimpangan ada di mana-mana,” tuturnya.

Sementara itu, calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam kesempatan sama mengajak mahasiswa mendukung agenda perubahan pihaknya. Kata dia, semua bisa terwujud bila pemilu berjalan jurdil dan mahasiswa punya lebih peran untuk mengawasi kontestasi politik lima tahunan itu.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Rocky Gerung sebagai panelis. Dia mengkritisi politik dinasti dan kembalinya anasir-anasir antidemokrasi yang melanggar konstitusi. Menurut dia, menguatnya politik dinasti karena ambisi kekuasaan.

Dia melihat ada sesercah harapan jika mahasiswa tetap kritis dan memilih pemimpin yang tepat. Adapun Koordinator Kuning Ijo Biru (KIB) Habil Marati menyatakan bahwa Anies-Muhaimin atau Amin yang paling memenuhi ekspektasi mahasiswa.

“Amin berlatar aktivis mahasiswa yang miliki idealisme untuk mewujudkan perjuangan para pendiri bangsa,” katanya dalam acara yang juga dihadiri oleh sejumlah tokoh dan politikus seperti Jazilul Fawaid, Yasin Kara, Anwar Sanusi, Sirojudin Wahab, Refly Harun, dan Andrianto Andri itu.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3702 seconds (0.1#10.140)