Singgung Kondisi Gaza di KTT APEC, Jokowi: Jangankan Pembangunan, Hak Hidup bagi Masyarakat Tidak Dihormati

Sabtu, 18 November 2023 - 09:51 WIB
loading...
Singgung Kondisi Gaza di KTT APEC, Jokowi: Jangankan Pembangunan, Hak Hidup bagi Masyarakat Tidak Dihormati
Presiden Jokowi saat mengikuti dalam APEC Economic Leaders Retret di San Francisco, Amerika Serikat. Foto/Laily Rachev/Biro Pers Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tegas menyoroti kondisi yang terjadi pada masyarakat di Gaza, Palestina . Jokowi menegaskan jangankan hak untuk membangun, hak hidup bagi masyarakat Gaza tidak dihormati.

Hal itu disampaikan oleh Jokowi saat membuka pernyataannya dalam APEC Economic Leaders Retret yang diselenggarakan di Mosconce Center, San Francisco, Amerika Serikat, pada Jumat, (17/11/2023) waktu setempat.

“Sebelum kita memulai topik kita tentang pembangunan inklusif, mari kita sejenak memikirkan tentang masyarakat di Gaza. Jangankan pembangunan, saat ini hak hidup mereka pun tidak dihormati,” kata Jokowi dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (18/11/2023).

Jokowi mendesak para pemimpin APEC untuk segera bertindak menghentikan perang, gencatan senjata serta memastikan bantuan kemanusiaan terhadap warga Gaza bisa dikirimkan tanpa hambatan.

Terkait pembangunan inklusif, Jokowi menuturkan, APEC perlu memprioritaskan realisasi peluang dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan tangguh.

Jokowi menyebutkan bahwa kawasan Asia Pasifik memiliki potensi besar yakni 62 persen PDB global dan 48% perdagangan dunia berasal dari APEC.

“Di tengah situasi dunia tidak menentu, APEC perlu prioritaskan realisasi peluang dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan tangguh yang dapat dicapai bersama,” tuturnya.

Untuk mencapai hal tersebut, Jokowi mengungkapkan, sejumlah hal yakni diperlukannya semangat kolaborasi. Ia menilai bahwa kebersamaan dan strategic trust dibutuhkan untuk mewujudkan visi APEC 2040.

“Ini kunci untuk pertahankan relevansi APEC sebagai forum ekonomi premier di kawasan,” ujarnya.


Kedua, Jokowi menilai ketahanan ekonomi kawasan perlu diperkuat dalam rangka menjaga ketangguhan dalam rantai pasok global. Ia mengatakan ketergantungan dan dominasi rantai pasok global pada sejumlah ekonomi harus dikurangi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)