Mendagri Apresiasi Pemkab Indramayu Bagikan 2,5 Juta Masker

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:46 WIB
loading...
Mendagri Apresiasi Pemkab Indramayu Bagikan 2,5 Juta Masker
Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Indramayu atas dilaksanakannya gerakan membagikan 2,5 juta masker gratis kepada masyarakat demi menekan penyebaran COVID-19. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu atas dilaksanakannya gerakan membagikan 2,5 juta masker gratis kepada masyarakat demi menekan penyebaran COVID-19.

Hal itu disampaikan Tito dalam sambutannya saat menghadiri sosialisasi launching gerakan pembagian 2,5 juta masker dan Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak 2020 serta pengarahan kepada Gugus Tugas COVID-19, di Gedung Patra Ayu Pertamina, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020).

"Saya terima kasih banyak Pak Bupati atas acara ini dan saya sangat berbesar hati bahwa Pak Bupati menyambut tantangan ini dan ini bukan untuk kepentingan kita tapi adalah untuk kepentingan masyarakat," ujar Tito.( )

Apresiasi tersebut disampaikan Tito, lantaran Indramayu adalah salah satu daerah yang berani menerima tantangan Mendagri untuk membagikan masker secara gratis lebih dari 1 juta kepada masyarakat. "Nah inilah kemudian saya sampaikan, lemparkan kepada seluruh kepala daerah yang membagi masker di atas satu juta saya akan datang, saya sampaikan begitu," katanya.

Selain itu, Tito juga menyampaikan pentingnya peranan kepala daerah sebagai ujung tombak pengendalian Pandemi COVID-19 di daerah. Tito mengatakan, perlu ada kekompakan semua pihak ketika ada masalah besar seperti pandemi COVID-19. Sebab jika kendali dan koordinasi antara pusat dan daerah baik, maka penanganan akan lancar.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga mengapresiasi upaya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah aktif dalam menangani COVID-19. "Saya sangat memahami bahwa sahabat saya Pak Ridwan Kamil adalah salah satu yang paling progresif dan paling aktif dalam penanganan COVID-19," tuturnya.( )

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengatakan, pembagian 2,5 juta masker sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memiliki masker di setiap rumah. "Dengan jumlah KK (Kepala Keluarga) di Kabupaten Indramayu sebanyak 653.000 KK, kalau kita asumsikan dalam satu KK ada 4 jiwa, maka kita membutuhkan masker kurang lebih 2.600.000 masker," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tri Tito Karnavian bersama Mendagri Tito Karnavian blusukan ke Indramayu dengan membagikan 2,5 juta masker kepada masyarakat. Turut mendampingi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Indramayu. Hadir pula kepala pemerintah daerah yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)