Hindari Hoaks, Bacaleg Partai Perindo Jhondry Fernando Ajak Anak Muda Verifikatif

Sabtu, 11 November 2023 - 18:09 WIB
loading...
Hindari Hoaks, Bacaleg Partai Perindo Jhondry Fernando Ajak Anak Muda Verifikatif
Bacaleg DPRD Kota Tangerang Selatan Dapil 5 Partai Perindo, Jhondry Fernando. Foto/Instagram Jhondry Fernando
A A A
JAKARTA - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan hajat anak muda Indonesia dalam menentukan pemimpinnya ke depan. Bagaimana tidak, lebih dari separuh penduduk yang menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), merupakan anak muda yang berasal dari generasi milenial dan zilenial (Gen Z).

Tentu, hal ini menjadi fokus para calon pemimpin atau legislatif yang berlaga dalam meraup suara anak-anak muda tersebut. Pelbagai informasi miring, hoaks seputar kandidat atau partai politik terkadang masih ditemukan di media sosial (medsos).

Terkait ini, Bacaleg DPRD Kota Tangerang Selatan Dapil 5 Partai Perindo, Jhondry Fernando mengaku memiliki cara tersendiri untuk menjawab permasalahan tersebut.



Pria yang aktif di berbagai komunitas anak muda tersebut, ternyata lebih senang mengajak diskusi dan merangkul anak muda agar mau berpartisipasi dan tidak apatis dalam politik.

Sesekali, dia mengingatkan anak-anak muda agar tidak mudah termakan hoaks seputar politik dengan memberitabu sumber asli berita atau tayangan video yang beredar di medsos.

"Saran saya lebih kaya diajak dirangkul, lebih peduli, dan dicari tau sumbernya dulu. Mereka ini kan pinter-pinter. Anak-anak muda ini kita ajak sebagaimana mungkin menghindari hoaks," kata Jhondry dalam Podcast Aksi Nyata, Sabtu (11/11/2023).

Selain itu, Jhondry menyampaikan, anak-anak muda harus diberikan ruang untuk menyampaikan aspirasinya. Salah satu hal yang disiapkannya yakni membuat wadah rumah kreatif untuk anak-anak muda.

"Saya mau ngebentuk rumah kreatif. Itu untuk anak-anak yang punya kelebihan dan anak butuh untuk belajar keterampilan," ujarnya.

Dengan langkah tersebut, Jhondry yakin anak-anak muda dapat mengembangkan kreatifitasnya dan turut menjadi bagian dalam memajukan Indonesia ke depan.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024, yang mencapai 204.807.222 pemilih. Berdasarkan rekapitulasi DPT, menunjukkan bahwa mayoritas pemilih Pemilu 2024 berasal dari dua kelompok generasi anak muda, yaitu milenial dan zilenial.

Generasi milenial, yang terdiri dari individu yang lahir antara tahun 1980 hingga 1994, berjumlah 66.822.389 atau sekitar 33,60% dari total pemilih. Di sisi lain, generasi Z, yang meliputi mereka yang lahir mulai tahun 1995 hingga awal 2000-an, mencapai 46.800.161 pemilih atau sekitar 22,85% dari DPT Pemilu 2024.

Ketika kedua kelompok ini digabungkan, mereka membentuk kekuatan pemilih yang signifikan dengan lebih dari 113 juta pemilih, yang menyumbang sekitar 56,45% dari total pemilih Pemilu 2024.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)