Tokoh Perdamaian Aceh Napak Tilas Perundingan RI-GAM di Helsinki 2005

Jum'at, 10 November 2023 - 10:48 WIB
loading...
A A A
Tokoh Perdamaian Aceh Napak Tilas Perundingan RI-GAM di Helsinki 2005


Ketua Perundingan Pemerintah RI dalam perundingan Helsinki Hamid Awaludin menjelaskan saat-saat kritis jalannya perundingan hingga nyaris menghadapi jalan buntu. Namun menurut Malik Mahmud, kepiawaian Almarhum Martti Ahtisaari meredam suasana menjadi cair kembali.

Tokoh Perdamaian Aceh Napak Tilas Perundingan RI-GAM di Helsinki 2005


Sementara itu inisiator Perdamaian Aceh Jusuf Kalla menjelaskan bahwa selalu memantau langsung proses yang terjadi dalam jalannya perundingan melalui Hamid Awaludin. Meski jarak yang cukup jauh serta perbedaan waktu Jakarta dengan Helsinki berbeda 5 jam lebih lambat, mengharuskannya untuk tidur lebih lambat.

Ketika terjadi hal yang krusial dalam perundingan, JK selalu mengontak Hamid Awaludin dan almarhum Farid Husain serta mengontak Presiden Ahtisaari, untuk memberikan arahan agar proses perundingan berjalan lancar dengan hasil yang cukup memuaskan.

Setelah melakukan napak tilas proses perundingan RI-GAM di Koningsteidt, JK bersama Hamid Awaludin dan Malik Mahmud pada Jumat, 10 November 2023 siang akan menghadiri Prosesi Pemakaman Mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari yang merupakan Mediator Perundingan RI-GAM 2005 serta Penerima Nobel Perdamaian Dunia 2008.

Martti Ahtisaari wafat pada 16 Oktober 2023, dan prosesi pemakamannya hari ini dimulai dari misa di Gereja St. Nicholas atau yang lebih dikenal dengan Katedral Helsinki sampai dengan penghormatan terakhir kepada Almarhum di Kantor Pemerintahan Finlandia.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)