Pesawat yang Membawa Bantuan ke Palestina Diberangkatkan dari Bandara Halim dan Soetta

Sabtu, 04 November 2023 - 10:35 WIB
loading...
Pesawat yang Membawa Bantuan ke Palestina Diberangkatkan dari Bandara Halim dan Soetta
Pesawat kargo yang membawa 51,5 ton bantuan logistik ke Palestina akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dan Soetta, Tangerang. Foto/MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Tiga pesawat kargo yang membawa 51,5 ton bantuan logistik dan alat medis ke Palestina akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma,Jakarta Timur, dan Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang menuju Bandara El Arish di Mesir. Selanjutnya seluruh bantuan langsung disalurkan ke Jalur Gaza di Palestina.

Dalam kesempatan tersebut, tiga pesawat akan diberangkatkan berbarengan dua pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soetta.

"Ya ini bantuan segera diberangkatkan jadi dari sini (Halim Perdanakusuma) ada dua psawat, memuat 21 ton. Kemudian sisanya ada di Bandara Soekarno-Hatta lewat pesawat kargo yang memuat lebih banyak yaitu kurang lebih 30-an ton," ungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11/2023).

Jokowi melanjutkan, bantuan tersebut disesuaikan seusai kebutuhan dari para korban perang antara Palestina dengan Israel di jalur Gaza, yang mana di sana sangat kekurangan air bersih untuk minum.

"Kebutuhan yang ada di Gaza misalnya penjernih air minum yang di sana banyak sekali kesulitan mengenai air bersih, ini kita siapkan," kata Jokowi.



"Kemudian juga alat-alat medis yang diperlukan yang sangat penting yang dibutuhkan RS di Gaza juga disiapkan selain bahan-bahan makanan yang memang juga diperlukan," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melepas keberangkatan bantuan logistik, alat medis, dan tenda untuk para korban perang di jalur Gaza Palestina.

"Ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan tiga pesawat dan berisi 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza," ujar Jokowi.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)