BP2MI Bakal Dorong Kesejahteraan PMI di Hari Migran Internasional 2023

Kamis, 02 November 2023 - 13:52 WIB
loading...
BP2MI Bakal Dorong Kesejahteraan PMI di Hari Migran Internasional 2023
Kepala BP2MI Benny Rhamdani meninjau persiapan lokasi untuk pelaksanaan memperingati Hari Migran Internasional atau International Migrants Day di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (2/11/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia ( BP2MI ) bakal mendorong kesejahteraan pekerja migran Indonesia (PMI) di peringatan Hari Migran Internasional 2023 pada 18 Desember mendatang. Kepala BP2MI Benny Rhamdani meninjau persiapan lokasi untuk pelaksanaan memperingati Hari Migran Internasional atau International Migrants Day di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Benny beserta jajaran BP2MI tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Benny langsung mengecek kondisi Tenis Indoor Senayan yang bakal dijadikan tempat peringatan Hari Migran Internasional yang akan dilaksanakan pada 18 Desember 2023.

"Hari ini kita melihat Tenis Indoor Senayan untuk dijadikan tempat untuk memperingati Hari Migran Day Internasional," kata Benny yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Partai Hati Nurani (Hanura) itu.



Benny mengatakan, peringatan Hari Migran Internasional yang akan dihadiri 4.500 orang, yang tergabung dalam komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia (Kawan PMI) dan Perkumpulan Wirausaha Pekerja Migran Indonesia (Perwira PMI).

"Untuk PMI yang masih ada di luar negeri mereka akan mengikuti melalui daring, yang akan hadir itu nanti di lokasi para kawan PMI, Perwira PMI se-Indonesia sekitar 4.500 orang," ujar mantan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) itu.

Benny menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang bakal dilakukan dalam peringatan Hari Migran Internasional itu. Salah satunya pemberdayaan ekonomi para kawan PMI dan Perwira PMI.

"Kegiatan nanti lebih mendorong para PMI, kawan PMI, dan Perwira PMI bagiamana nantinya kita memberdayakan mereka dalam hal ekonomi," ujar Benny.

"Kita akan dorong mereka bagaimana nantinya mereka mendapat fasilitas dari negara, kita akan membantu mereka bagaimana mendapatkan modal usaha, fasilitasi dan pemasaran produk-pruduk hasil usaha yang dikelola para Kawan PMI dan Perwira PMI," tambahnya.

BP2MI, kata dia, tidak hanya akan bicara soal penempatan dan pencegahan pengiriman PMI melalui jalur ilegal. "Lebih jauh lagi, BP2MI akan memberdayakan secara ekonomi para pahlawan devisa ini, jadi pelindungan PMI itu mencakup semua hal, termasuk perlindungan ekonomi," imbuhnya.

Benny menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta para menteri Kabinet Indonesia Maju bakal menghadiri peringatan Hari Migran Internasional tersebut. "Kita harapkan tentu Pak Presiden Jokowi bisa hadir, ketemu langsung dengan para PMI, kawan PMI yang telah menyumbangkan devisa nomor dua setelah sektor migas," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)