TNI Akan Tetap Memutar Film Pengkhianatan G30S PKI

Senin, 18 September 2017 - 13:51 WIB
TNI Akan Tetap Memutar Film Pengkhianatan G30S PKI
TNI Akan Tetap Memutar Film Pengkhianatan G30S PKI
A A A
JAWA TIMUR - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan tetap menginstruksikan kepada seluruh jajaran TNI untuk memutar film pengkhianatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI).

Hal ini diungkapkan seusai melakukan ziarah ke makam Proklamator Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (18/9/2017) siang. Ziarah ini dilakukan dalam rangka memperingati hari jadi TNI ke-72.

"Film pengkhianatan G30S PKI ini sebelumnya selalu diputar pada masa orde baru. Pasca jatuhnya rezim soeharto, film ini kemudian tidak diputar serentak lagi. Banyak pihak menilai, film tersebut sarat dengan kepentingan orde baru dan tidak sesuai dengan fakta sejarah yang ada," kata Gatot seusai melakukan ziarah di Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (18/9/2017) siang.

Gatot mengaku tidak terlalu ambil pusing dengan pro kontra pemutaran film tersebut di kalangan masyarakat. Banyak pihak menilai, film garapan Arifin C Noer ini sarat akan kepentingan orde baru dan tidak cocok untuk diputar kembali. Selain itu, sejumlah ormas juga meminta kepada pemerintah untuk melakukan pelurusan sejarah terkait peristiwa kudeta tersebut.

Gatot Nurmantyo menegaskan, pihaknya akan tetap memutar film itu untuk mengingatkan sejarah kelam masa lalu. Menurutya, apa yang diceritakan dalam film merupakan fakta yang harus diketahui oleh generasi saat ini. Rencana pemutaran film ini juga sudah mendapatkan dukungan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5090 seconds (0.1#10.140)