TPN Ganjar Pranowo Bakal Buka Layanan 24 Jam untuk Tangani Kesehatan Mental

Kamis, 26 Oktober 2023 - 09:21 WIB
loading...
TPN Ganjar Pranowo Bakal Buka Layanan 24 Jam untuk Tangani Kesehatan Mental
Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan membuka layanan 24 jam untuk menangani masalah kesehatan mental. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo- Mahfud MD akan membuka layanan 24 jam untuk menangani masalah kesehatan mental. Hal itu akan terealisasi jika pasangan Ganjar-Mahfud keluar sebagai pemenang di Pilpres 2024.

Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sunanto mengatakan, pihaknya akan menyediakan nomor darurat, agar masyarakat bisa berkonsultasi terkait masalah kesehatan mental. Layanan itu akan dibuka sepanjang hari.

"Ada penyediaan nomor darurat 24 jam dalam 7 hari, membangun komunikasi krisis untuk menangani masalah kesehatan mental secara holistik," ucap pria yang akrab disapa Cak Nanto, Kamis (26/10/2023).

Pihaknya juga akan membentuk lembaga komunikasi krisis untuk menangani masalah kesehatan mental secara responsif dan holistik. Nantinya akan ada pos-pos konseling di setiap kampus, layanan kesehatan jiwa di semua puskesmas, dan fasilitas layanan jiwa di seluruh rumah sakit umum. "Kehadiran para psikolog dan lembaga konseling menjadi sangat penting, pemerintah hadir untuk mengatasi masalah ini," ujarnya.



Calon anggota legislatif DPR dari PDIP itu mengatakan, banyak masyarakat yang mengalami depresi dan berpengaruh terhadap kesehatan mentalnya, terutama anak muda. Dia mengaku pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen menyelesaikan masalah ini untuk kesehatan jiwa dan raga rakyat Indonesia

Menurutnya, masalah depresi ini bisa berakibat fatal dan berujung pada upaya mengakhiri hidup. Dia menyebut Ganjar-Mahfud MD sangat konsen terhadap masalah ini sehingga akan membuat layanan nomor darurat 24 jam dan lembaga krisis center. "Negara ke depan memprioritaskan itu, masyarakat tertangani secara mental dan fisik," ujarnya.

Sebagai informasi, pasangan Ganjar-Mahfud telah resmi mendaftar ke KPU pada Kamis 19 Oktober lalu. Mereka juga sudah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Ganjar-Mahfud MD diusung oleh Partai Perindo, PDIP, PPP, dan Hanura.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)