Usai Dilantik Jadi Mentan, Amran Sulaiman: Kami Langsung Jalankan Tugas

Rabu, 25 Oktober 2023 - 12:58 WIB
loading...
Usai Dilantik Jadi Mentan, Amran Sulaiman: Kami Langsung Jalankan Tugas
Amran Sulaiman memberikan keterangan kepada media usai dilantik sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Negara, Rabu (25/10/2023. FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Negara, Rabu (25/10/2023. Amran yang pernah menjabat Mentan di periode pertama Presiden Jokowi akan langsung menjalankan tugas.

Dalam pernyataan kepada wartawan usai pelantikan, Amran mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memilihnya kembali sebagai Mentan.

"Pertama kami ucapkan terima kasih kepada pak Presiden Republik Indonesia memberikan kepercayaan kepada kami menjadi Menteri Pertanian. InsyaAllah kami langsung menjalankan tugas," kata Amran di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).



Amran merasa ada tanda-tanda kebaikan dalam pelantikan dirinya sebagai Mentan. Sebab, hujan turun di sebagian wilayah Indonesia meski saat ini dalam kondisi El Nino.

"Hari ini ada pelantikan tiba-tiba dalam kondisi El Nino tiba-tiba hujan, Indonesia timur hujan semalam, di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah. Dan juga ini luar biasa alam menyambut kita dengan baik, insyaAllah ini tanda-tanda baik untuk kementerian Pertanian," ujarnya.

Hari pertama bekerja, Amran akan melakukan konsolidasi terlebih dahulu dengan para pejabat ataupun pegawai di Kementan. Dirinya yakin dapat menemukan solusi secara bersama-sama.

"Kami konsolidasi nanti dengan tim kementerian, karena kami sudah kenal semua tim ini selama 5 tahun bersama Kementerian Pertanian," kata Amran.



Ia menekankan akan menyelesaikan dan mendengarkan keluh kesah para petani. Menurutnya, jika para petani sudah mulai berteriak-teriak mengenai pupuk, maka hal itu menandakan produksi akan turun.

"Artinya sederhana, ini kita selesaikan dulu dengan teknis lainnya. Tapi sebelumnya kami akan konsolidasi langsung siang ini rapat bersama eselon 1, 2, 3. Siang ini jam 1 insyaAllah kita sudah rapat," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) pada Rabu (25/10/2023) di Istana Negara. Pelantikan itu didasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Presiden Jokowi melantik Amran Sulaiman sebagai Mentan menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang telah pengunduran diri akibat terjerat kasus korupsi. Syahrul telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada kasus dugaan korupsi terkait promosi jabatan di lingkungan Kementan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)