4 Wakil Presiden Termuda di Indonesia, Siapa Saja Mereka?

Rabu, 18 Oktober 2023 - 15:09 WIB
loading...
4 Wakil Presiden Termuda di Indonesia, Siapa Saja Mereka?
Terdapat empat wakil presiden termuda di Indonesia yang usianya masih di bawah 60 tahun ketika pertama kali menjabat. Foto/wapresri.go.id
A A A
JAKARTA - Terdapat empat wakil presiden termuda di Indonesia. Ketika pertama kali menjabat sebagai wakil presiden Indonesia, usia mereka masih di bawah 60 tahun.

Saat ini ada 13 wakil presiden yang pernah menjabat di Indonesia. Jumlah ini memang lebih banyak dari total presiden yang hanya ada tujuh. Hal tersebut karena masa kepemimpinan Presiden Soeharto yang cukup panjang dan sempat bergonta-ganti wakil presiden.

Dari total 13 wakil presiden Indonesia, empat di antaranya dapat dikatakan sebagai yang termuda karena mengemban jabatan tersebut ketika usianya belum genap 60 tahun.

Kebanyakan wakil presiden Indonesia yang menjabat, usianya telah menginjak 60 tahun lebih. Seperti Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang menjabat di usia 61 tahun, atau bahkan Ma'ruf Amin yang menjabat ketika usianya telah menginjak 76 tahun.

Wakil Presiden Termuda di Indonesia


1. Mohammad Hatta

4 Wakil Presiden Termuda di Indonesia, Siapa Saja Mereka?

Foto/wapresri.go.id

Mohammad Hatta menjadi Wakil Presiden Indonesia pertama sekaligus Wapres termuda yang pernah menjabat. Pria asal Bukittinggi itu mulai menjabat sebagai Wapres Soekarno pada tahun 1945 ketika usianya masih 43 tahun.



Mohammad Hatta yang lahir pada 12 Agustus 1902 ini menjadi salah satu tokoh penting sebelum menjadi seorang Wakil Presiden. Dia tergabung dalam BPUPKI dan ikut andil dalam Panitia Sembilan.

Ketika menjabat sebagai Wakil Presiden, Mohammad Hatta juga aktif sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia pada periode 1945 sampai 1946. Dirinya juga sempat didapuk sebagai Menteri Luar Negeri dari 1949-1950, dan Menteri Pertahanan pada Januari-Juli 1948.

2. Megawati Soekarnoputri

4 Wakil Presiden Termuda di Indonesia, Siapa Saja Mereka?

Foto/wapresri.go.id
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)