Putri Pengasuh Ponpes Sidogiri Dukung Erick Thohir Jadi Kakak Asuh Ekonomi Pesantren

Senin, 16 Oktober 2023 - 03:09 WIB
loading...
Putri Pengasuh Ponpes Sidogiri Dukung Erick Thohir Jadi Kakak Asuh Ekonomi Pesantren
Menteri BUMN Erick Thohir didukung untuk menjadi mentor dan bahkan kakak asuh untuk meningkatkan kemandirian pesantren. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Putri Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Ru’yana Fuad mendukung Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi mentor dan bahkan kakak asuh untuk meningkatkan kemandirian pesantren. Wanita yang akrab disapa Ning Yana ini banyak bercerita tentang perjalanan kemandirian dari pesantren.

Dia mengungkapkan, Ponpes Sidogiri menjalankan kegiatan kemandirian pesantren sejak 1961. “Pondok ini memang tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah. Karena kami berkomitmen untuk menjalankan pondok dengan mandiri dan berdaya,” katanya ditemui di lingkungan pesantren, Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton, Jawa Timur, dikutip Minggu (15/10/2023).

Karenanya, kata dia, sejak lama Pesantren Sidogiri sudah memasukkan kewirausahaan sebagai salah satu mata pelajaran. “Berikutnya, kami memfasilitasi para santri untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari dari dalam kelas, termasuk membentuk Koperasi Pesantren (Kopontren) Basmallah dan Lembaga Amil Zakat untuk Yatim dan Dhuafa (LAZZ),” imbuhnya.

Ning Yana menuturkan, berbekal pengetahuan akademik, para santri, termasuk dari kalangan perempuan, telah relatif mengetahui metode-metode untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kewirausahaan. Namun, perempuan Nahdlatul Ulama (NU) yang berwirausaha terkendala untuk menjalankan usaha yang lebih berkelanjutan dan mampu naik kelas.

Dia mengatakan, Pesantren Sidogiri siap menjadi benchmark yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi para santri. Secara luas, dia melihat pemerintah juga sudah memiliki beberapa inisiatif yang dampaknya dapat lebih diperluas lagi.

“Misalnya, Kementerian BUMN telah memiliki program eksisting, yakni PMN Mekaar dan PNM Mekaar Syariah. Selain memberikan pendanaan, Mekaar juga memberikan pendampingan untuk pemberdayaan entrepreneur. Program seperti ini yang sangat kami dukung untuk dapat menjangkau perempuan NU dan pondok lain di luar Sidogiri,” katanya.

Dia berharap, Erick yang menjadi salah satu kandidat cawapres, tidak berhenti dalam menelurkan inovasi kemandirian ekonomi bagi kalangan santri, dan bahkan menjadi mentor santri perempuan. “Saya juga berharap, Pak Erick bisa menjadi kakak asuh bagi kami untuk kembangkan kemandirian ekonomi pesantren. Selain itu, profesionalisme dan warisan inovasi Pak Erick dapat terus dijalankan,” ucapnya.

Diketahui, Ponpes Sidogiri merupakan salah satu pesantren dengan jumlah santri terbesar di Jawa Timur. Pesantren ini memiliki 11 ribu santri. Dengan aset mencapai Rp3 triliun, Pesantren Sidogiri telah memiliki unit usaha di lebih dari 2.000 lokasi, baik di berbagai daerah di Indonesia, maupun di negara-negara Timur Tengah.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)