Sudah Teruji, Partai Perindo Yakin Indonesia Mampu Selesaikan Misi Perdamaian Palestina-Israel

Minggu, 15 Oktober 2023 - 22:14 WIB
loading...
Sudah Teruji, Partai Perindo Yakin Indonesia Mampu Selesaikan Misi Perdamaian Palestina-Israel
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan Abdul Khaliq Ahmad mengapresiasi inisiatif pemerintah yang berkomitmen menjadi problem solver konflik Palestina-Israel. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan Abdul Khaliq Ahmad mengapresiasi inisiatif pemerintah Indonesia yang berkomitmen untuk menjadi problem solver atau pemecah masalah konflik antara Palestina dengan Israel.

"Partai Perindo sangat mengapresiasi inisiatif Indonesia untuk menjadi pemecah masalah di tengah konflik Palestina-Israel. Hal ini sebenarnya bukan hal baru peran yang diemban oleh Indonesia dalam ikut serta menyelesaikan konflik-konflik regional maupun internasional. Termasuk menjadi mediator dalam beberapa negosiasi perdamaian," kata Abdul Khaliq kepada wartawan, Minggu (15/10/2023).

Dengan pengalaman yang sudah teruji, Abdul Khaliq yakin Indonesia akan mampu menyelesaikan misi perdamaian untuk memberikan akses bantuan kemanusiaan akibat konflik palestina dan Israel saat ini.

"Keinginan kuat Indonesia untuk menjadi negara pemecah masalah di tengah konflik Palestina- Israel sesungguhnya merupkan implementasi dari amanah konstitusi, sekaligus juga merupakan moral obligation sebagai negara non-blok yang cinta damai," kata Abdul Khaliq, Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) ini.


Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) Lalu Muhammad Iqbal menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia akan menjadi pemecah masalah atas konflik Palestina-Israel. Pemerintah Indonesia akan memberikan peran yang konstruktif dalam masalah ini.

"Jadi penekanan Indonesia adalah bukan masalah mengutuk atau tidak mengutuk, tapi bahwa ini ada problem yang akan terus menerus terjadi selama akar masalahnya tidak diselesaikan," kata Lalu menegaskan penyampaian Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (13/10/2023).

Menurut Lalu, solusi yang bisa dilakukan saat ini adalah menyelesaikan kebutuhan kemanusiaan yang ada di wilayah konflik. "Kebutuhan kita untuk segera meng- address masalah kemanusiaan ini dengan membangun humanitarian corridor sesegera mungkin," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)