BP2MI Minta Jepang Tambah Kuota Penempatan Pekerja Migran Indonesia

Kamis, 12 Oktober 2023 - 17:38 WIB
loading...
BP2MI Minta Jepang Tambah Kuota Penempatan Pekerja Migran Indonesia
Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengusulkan penambahan kuota penempatan PMI di Jepang. Khususnya di bidang nurse atau perawat dan careworker. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengusulkan penambahan kuota penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jepang. Khususnya di bidang nurse atau perawat dan careworker.

Hal itu disampaikan Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka penguatan tata kelola penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia ke Jepang.



Tiba di Bandara Haneda, rombongan BP2MI langsung melakukan pertemuan dengan JICWELS dan Japan Foundation sebagai stakeholders dalam penempatan PMI melalui skema Government to Government (G to G) ke Jepang.

Dalam pertemuan itu, Benny mengucapkan terima kasih dan merasa terhormat telah diterima oleh JICWELS dalam kunjungan kerja ini. Isu penting yang dibawa BP2MI saat ini adalah pertama, meminta JICWELS untuk menambah kuota bagi Pekerja Migran Indonesia di Jepang, khususnya careworker.

Kedua, menjadi penting juga untuk dipertimbangkan adalah persyaratan pengalaman dua tahun setelah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) bagi jabatan nurse yang dirasa terlalu berat.

“Mengapa kuota nurse sulit tercapai, menurut kami karena persyaratan yang cukup sulit dipenuhi oleh calon pekerja migran kami, sehingga mungkin bisa untuk diturunkan persyaratannya,” ujar Benny dalam keterangannya, Kamis (12/10/2023).

Ketiga, BP2MI mengusulkan untuk dipertimbangkan perubahan pola kuota penempatan nurse dan careworker, di mana kuota nurse sangat sulit dipenuhi. Jadi, jika kuota nurse tidak dapat terpenuhi maka calon PMI dapat mengisinya pda jabatan careworker.

Keempat, mengusulkan perluasan tempat pelatihan bahasa dan lokasi interview test. Seperti diketahui, Indonesia adalah negara kepulauan. Jika pelaksanaan interview hanya di Jakarta, tentu memberikan kesulitan kepada calon PMI yang berada di luar Ibu Kota karena harus mengeluarkan biaya yang tidak kecil.

“Paling tidak ada tiga lokasi baru yang kami usulkan sebagai tempat pelatihan bahasa dan interview test. Ketiga lokasi tersebut mewakili masing-masing region, seperti wilayah barat dilaksanakan di Surabaya, wilayah timur di Manado, dan wilayah tengah di Medan,” jelas Benny.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)